Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan subyek penelitian adalah siswa pada kelas VII2 SMP N 4 Bengkulu yang berjumlah 33 orang. Sikap diukur menggunakan angket sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan tes tertulis dengan model PBL (problem based learning) pada materi saling ketergantungan antar komponen biotik. Data dianalisis dengan rata-rata, standar deviasi, dan persentasenya serta korelasinya diuji menggunakan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan perhitungan didapatkan rata-rata skor sikap ilmiah siswa sebesar 48,5 dengan standar deviasi yaitu 0,25 dan termasuk kategori sikap ilmiah sangat baik. Rata-rata skor hasil belajar kognitif siswa adalah 3,16 dengan standar deviasi 0,262 dan termasuk kategori hasil belajar kognitif sangat baik. Jika dibandingkan dengan ?=0,05, nilai signifikansi lebih kecil daripada nilai ?, yaitu 0,005?0,05. Artinya, ada korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif dan H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa sikap ilmiah berkorelasi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas VII2 SMP N 4 Bengkulu pada pembelajaran IPA Biologi dengan model Problem Based Learning, dan angka indeks korelasi yaitu 0,482 yang menunjukkan korelasi searah dengan tingkat hubungan tergolong sedang.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, model PBL (Problem Based Learning), sikap ilmiah 

Article Details

How to Cite
Putri, A. T., Idrus, I., & Yennita, Y. (2017). ANALISIS KORELASI SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PBL. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.1-9

References

  1. Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  2. Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Astuti, E. J. 2014. Analisis Korelasi Antara Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii5 Smpn 4 Bengkulu Pada
  4. Pembelajaran IPA Biologi Dengan Model Siklus Belajar 5E
  5. Kartono. 2012. Pengembangan Model Penilaian Sikap Ilmiah IPA bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal FKIP UNS
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014
  7. Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press
  8. Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakrta: Kencana
  9. Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
  10. Westriningsih. 2012. Solusi Praktis dan Mudah Menguasai SPSS 20 untuk Pengolahan Data. Semarang: Wahana Komputer
  11. Widyoko, S. E. P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar