Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman hayati tingkat spesies tanaman obat di Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu, dan kelayakan LKS  kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu terhadap  LKS hasil pengembangan pada pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall. Penelitian tanaman obat ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April 2017 sampai Mei 2017 di Kelurahan Sukamerindu Bengkulu dan uji coba LKS dilakukan di kelas X SMAN 1  Kota Bengkulu. LKS Keanekaragaman hayati jenis tanaman obat dinyatakan sangat valid dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Organ dari tanaman obat yang bermanfaat sebagai obat bagi masyarakat Kelurahan Sukamerindu adalah daun, buah, akar, umni, rimpang, batang, bunga, getah, dan biji. Pemanfaatan yang paling banyak adalah daun dengan persentase pemakaian 40 jenis tanaman sebesar 43,8%. Jenis tanaman di pekarangan yang bermanfaat sebagai obat bagi masyarakat Kelurahan sukamerindu diperoleh 54 jenis tanaman dari 33 famili yang paling banyak dimanfaatkan adalah Zingiberaceae.

Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Tanaman Obat, Keanekaragaman Hayati, Metode Borg and Gall.

Article Details

How to Cite
Suhidi, A., Kasrina, K., & Irawati, S. (2017). PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BENGKULU BERDASARKAN HASIL STUDI PEMANFAATAN TANAMAN OBAT DI RT.08 SUKAMERINDU KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.10-14

References

  1. Borg, W.R dan Gall, M.D. 1983. Educational Research An Intro duction. New York: Longman
  2. Damayanti, Dyah Shinta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal radiasi volJurnal Radiasi Vol. 3 No. 1. (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/658.diakses18 januari 2016).
  3. Mudyahardjo, Redja. 2013. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo
  4. Setiawan, Andi. 2013. Artikel Penerapan Buku Saku Mastercam untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran CNC di SMKN 2 Depok Slamen. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  6. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  7. Suriawiria, U. 2000. Obat Mujarab dari Perkarangan Rumah. Jakarta : Papas Sinar Sinanti
  8. Wasito, Hendri. 2011. Obat Tradisional Kekayaan Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu