Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa dan penerapan model discovery learning di kelas VIIc SMPN 15 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif, penelitian terdiri dari dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan  seluruh siswa kelas VIIc SMPN 15 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dan sikap ilmiah siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan penilaian diri dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar penilaian diri. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 11,5 (Cukup), dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas guru menjadi 15 (Baik). Selanjutnya data sikap ilmiah siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 16,90 (Cukup) dan pada siklus II sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan  skor rata-rata yaitu 20,99 (Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas VIIc SMPN 15 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Sikap Ilmiah.

Article Details

How to Cite
Asmarani, A., Idrus, I., & Kasrina, K. (2017). Peningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.15-21

References

  1. Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode Dan Aplikasi. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.
  2. Kusuma, Merta Dhewa. 2013. Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Strategi Scaffolding- Kooperatif. Dalam Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung.
  3. Rizar, Abidin. 2014. Implementasi Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Pada Program Keahlian Teknik Audio Video Di Smk 2 Surakarta. Dalam Jurnal Hasil Penelitian.
  4. Rosita, Ita. 2014. Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Dalam https:// journal.lppmunindra.ac.id.
  5. Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
  6. Susetyo, Budi. 2012. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama.
  7. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu : Unit Penerbitan FKIP UNIB