PENGEMBANGAN LKS BERDASARKAN EKSPLORASI TANAMAN OBAT SUKU PEKAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Herlina Rahayu, Ariefa Primairyani, Irdam Idrus

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuat LKS berdasarkan eksplorasi tanaman obat suku Pekal Desa Bukit Indah Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Sub bab pada desain LKS yang dibuat pada pembelajaran biologi ini yaitu sub materi keanekaragaman hayati tingkat spesies dan diujicobakan pada siswa kelas X SMAN 1 Ketahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Motede penelitian yang digunakan adalah R & D dengan langkah utama Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Yang mana langkah-langkahnya yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi lapangan,  lembar wawancara, lembar angket validasi ahli dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, jenis tanaman obat yang temukan berjumlah 44 jenis dengan 25 famili. LKS yang dikembangan dari eksplorasi tanaman obat mendapatkan katagori ”sangat baik”  oleh validator dan layak digunakan dalam pembelajaran Biologi sub materi keanekaragaman jenis kelas X SMAN 1 Ketahun. Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal dengan presentase 90,47% dan dinyatakan tuntas.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Tanaman obat, Hasil Belajar Siswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bineka Cipta

Devi, Poppy Kamala, Renny Sofiraeni, Khairuddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: PPPPTK IPA.

Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung:: Remaja Rosdakarya

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press

Putra, Winkanda Satria. 2016. Kitab Herbal Nusantara. Yogyakarta: KATAHATI

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Reseach and Development. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara


Article Metrics

Sari view : 30 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.