Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat LKS berdasarkan eksplorasi tanaman obat suku Pekal Desa Bukit Indah Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Sub bab pada desain LKS yang dibuat pada pembelajaran biologi ini yaitu sub materi keanekaragaman hayati tingkat spesies dan diujicobakan pada siswa kelas X SMAN 1 Ketahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Motede penelitian yang digunakan adalah R & D dengan langkah utama Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Yang mana langkah-langkahnya yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi lapangan,  lembar wawancara, lembar angket validasi ahli dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, jenis tanaman obat yang temukan berjumlah 44 jenis dengan 25 famili. LKS yang dikembangan dari eksplorasi tanaman obat mendapatkan katagori ”sangat baik”  oleh validator dan layak digunakan dalam pembelajaran Biologi sub materi keanekaragaman jenis kelas X SMAN 1 Ketahun. Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal dengan presentase 90,47% dan dinyatakan tuntas.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Tanaman obat, Hasil Belajar Siswa

Article Details

How to Cite
Rahayu, H., Yani, A. P., & Idrus, I. (2017). PENGEMBANGAN LKS BERDASARKAN EKSPLORASI TANAMAN OBAT SUKU PEKAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.36-44

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bineka Cipta
  2. Devi, Poppy Kamala, Renny Sofiraeni, Khairuddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: PPPPTK IPA.
  3. Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung:: Remaja Rosdakarya
  4. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press
  5. Putra, Winkanda Satria. 2016. Kitab Herbal Nusantara. Yogyakarta: KATAHATI
  6. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  7. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Reseach and Development. Bandung: Alfabeta
  8. Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara
  9. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara