PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Sarah Martha Ningsih(1), Sri Irawati(2), Irdam Idrus(3),
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII8 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII8 SMPN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017, sedangkan peneliti berperan sebagai guru. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 26 (Baik), pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 28 (Baik). Hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 26 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas siswa menjadi 29 (Baik). Selanjutnya data hasil belajar siswa pada siklus I dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klaksikal pada hasil belajar kompetensi pengetahuan siklus I mendapatkan persentase 80,6%, siklus II menjadi 88,9%, pada hasil belajar kompetensi sikap siklus I mendapatkan persentase 83,3%, siklus II menjadi 100%, pada hasil belajar kompetensi keterampilan siklus I dan siklus II mendapatkan persentase 100%. Disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII8 SMPN 4 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar


References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Dirman dan Juarsih, Cicih. 2014. Penilaian dan Evaluasi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Gunantara. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa KelasV.http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/Jurnal Skripsi (diakses pada tanggal 28 Januari 2017 pukul 23.00 WIB).

Harahap, M. A. dan Prastowo, P. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. http://digilib.unimed.ac.id/4828/1/Fulltext.pdf (diakses tanggal 28 Januari 2017 pukul 20.30 WIB ).

Idrus, Ali. 2009. Manajemen Pendidikan Global. Jakarta: Gaung Persada.

Khalifah, N Umi. 2013. Penerapan Model Problem-Based Learning (PBM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas VIII3 SMPN 21 Kota Bengkulu. Skripsi UNIB. Tidak Dipublikasi

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Tahun 2015.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta :Rajawali Pers.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Suardani, Ni Nyoman. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Skripsi (diakses pada tanggal 17 Januari 2017 pukul 19.10 WIB).

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas, Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Wijaya, I Wayan, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPA Pada Siswa SD di Gugus IV Kecamatan Manggis. Jurnal Skripsi (diakses pada tanggal 15 Januari 2017 pukul 23.00 WIB).

Zubaidah, Siti. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Zuriah, N. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.34-43

Article Metrics

 Abstract Views : 2 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sarah Martha Ningsih, Sri Irawati, Irdam Idrus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.