Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain buku saku Biologi materi Plantae SMA kelas X berdasarkan hasil eksplorasi tanaman obat Suku Rejang di Desa Pulo Geto dan Desa Pulo Geto Baru  Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang. Tahapan penelitian ini adalah (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Revisi desain, (6) Uji keterbacaan, dan (7) revisi desain. Hasil penelitian diperoleh 72 jenis, 32 suku tumbuhan obat yang dimanfaatkan. Suku yang paling banyak dimanfaatkan adalah Zingiberaceae dan Cucurbitaceae. Uji kelayakan bahan ajar berupa buku saku oleh 3 ahli termasuk dalam “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan yaitu 89,6%. Hasil respon dari 20 siswa terhadap  buku saku termasuk dalam “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan yaitu 90,7%. Desain buku saku berdasarkan uji kelayakan dan keterbacaan terdiri dari: 1) Sampul depan; 2) Kata pengantar; 3) Daftar isi; 4) KI, KD, Materi Pokok, Indikator dan Tujuan Pembelajaran; 5) Bagian pendahuluan; 6) Bagian isi ; 8) Latihan Soal; 9) Kunci Jawaban; 10) Bagian penutup terdiri dari: Glosarium, Daftar Pustaka, dan Tentang penulis.

Kata Kunci : Etnobotani, Penelitian dan Pengembangan, Buku Saku

Article Details

How to Cite
Windayani, W., Kasrina, K., & Ansori, I. (2018). PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERDASARKAN HASIL EKSPLORASI TANAMAN OBAT SUKU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 51–57. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.51-57

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Pene-litian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
  2. Depdiknas. 2008. Pedoman Memilih Menyusun Bahan Ajar dan Teks Mata Pelajaran. Jakarta: BP. Mitra Usaha Indonesi 2013
  3. Dewi, Ghea P.F. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai media pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Yogyakarta: UNP. http://eprint.uny.ac.id. Diakses 12 Mei 2017
  4. Mohamad, Nurdin dan Hamzah B.Uno. 2014. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Ling-kungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta : Bumi Aksara
  5. Neswita, Betti. 2012. Studi Etbotani Suku Rejang dan Implementasi Pende-katan Jelajah Alam Sekitar dalam Pembelajaran Biologi SMA. Thesis tidak diterbitkan. Bengkulu : Program Pascasarjana Universitas Bengkulu
  6. Perdana, Radyan. 2012. Pengembangan media pembelajaran Biologi Uji Makanan Menggunakan Adobe Flash Profesional CS5. http://eprints.uny.ac.id/8872/1/Jurnal.pdf. Jurnal. Diakses 12 Mei 2017
  7. Sinuhaji, Lidya Natalia Br. 2013. Oukup Dalam Perawatan Kesehatan Ibu Nifas Pada Suku Karo Di Beras-tagi Kabupaten Karo Tahun 2014. Vol.4, No.2. Sumatera Utara : Wahana Inovasi
  8. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendi-dikan. Bandung: Alfabeta
  9. Sulistyani, Nurul Hidayati Dyah, dkk. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika: Volume 1, No.1 :164.
  10. Suyitno, Imam. 2012. Memahami Tinda-kan Pembelajaran. Malang: Refi-ka Aditama
  11. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  12. Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Pro-gram Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar