PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Luthfy Aprilianti(1), Sri Irawati(2), Kasrina Kasrina(3),
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar dengan menerapkan model problem based learning pada materi sistem pencemaran lingkungan di kelas VIIB SMPN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIB SMPN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Variabel penelitian ini adalah model problem based learning, sikap ilmiah, dan hasil belajar. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan sikap ilmiah, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 24 (baik), dan di siklus II 28 (baik). Hasil analisis data observasi sikap ilmiah siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 17,71 (cukup), siklus II menjadi 20,74 (baik). Pada hasil belajar kompetensi pengetahuan siklus I mendapatkan persentase 66,66%, siklus II menjadi 84,85%, pada hasil belajar kompetensi sikap siklus I mendapatkan persentase 69,69%, siklus II menjadi 100%, pada hasil belajar kompetensi keterampilan siklus I mendapatkan persentase 81,81%, siklus II menjadi 100%. Disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN 11Kota Bengkulu.

Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Ilmiah


References


Anwar, Herson. 2009. Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu Volume 2 No. 5, Mei 2011

Arikunto, Suharsimi. 2013a. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP

Idrus, Ali. 2009. Manajemen Pendidikan Global. Jakarta: Gaung Persada

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Melani, Riyan., Harlita. dan Sugiharto, Bowo. 2012. Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 1.

Nova, Sudiana, Widiana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berorientasi pada Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas V SD gugus V Kecamatan Tejakula. Jurusan PGSD, FKIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Nurtanto, Muhammad. 2016. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Psikomotor Dengan Metode Problem Based Learni. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JP-LPPM/article/view/425/396 ( diakses pada tanggal 18 juni 2017)

Ramdani, Bopy. 2016. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA.5 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bengkulu Pada Konsep Jamur (Fungi) Dengan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Kontekstual. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Biologi. FKIP Universitas Bengkulu

Rohman, Arif. 2013. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta : LaksBang Mediatama Yogyakarta

Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zubaidah, Siti dkk. 2014. Buku guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.58-67

Article Metrics

 Abstract Views : 2 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Luthfy Aprilianti, Sri Irawati, Kasrina Kasrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.