PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERDASARKAN HASIL OBSERVASI KEANEKARAGAMAN MORFOLOGI TANAMAN MANGGA (Mangifera Indica)

Maryati Maryati(1), Ariefa Primair Yani(2), Sri Irawati(3),
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman morfologi tanaman mangga (Mangifera indica) yang terdapat di kelurahan Padang Harapan Kota Bengkulu serta mendeskripsikan desain LKS hasil pengembangan berdasarkan observasi keanekaragaman morfologi tanaman mangga. Penelitian ini terdiri dari 6 tahapan yaitu 1) Tahap potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi produk 5) Revisi produk 6) Uji keterbacaan LKS. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X IPA5 SMAN 01 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah angket dan observasi. Hasil penelitian teridentifikasi 5 varietas tanaman mangga (Mangifera indica) yang digunakan sebagai bahan pembuatan LKS. Uji kelayakan LKS oleh ahli materi LKS mendapat persentase yaitu 78,8%, oleh ahli bahan ajar (1) mendapat persentase yaitu 76,9%, dan oleh ahli bahan ajar (2) mendapat persentase yaitu 84,6% dengan rata-rata persentase secara keseluruhan yaitu 80,1% dengan kategori layak. Hasil uji keterbacaan LKS oleh siswa secara keseluruhan menunjukkan persentase yaitu 87% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak dan memiliki kualitas baik.

Kata kunci: Pengembangan LKS, Tanaman mangga, Morfologi


References


Damayanti, E.K. 2013. Pengelolaan Keanekaragaman hayati Tumbuhan Obat dan Tumbuhan Berguna. Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Devi, Poppy Kamala., Soefiraeni Renny., dan Khaituddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta : PTK IPA.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pracaya. 2001. Bertanam Mangga. Jakarta:Penebar swadaya.

Sulcha, Amalia Rif”atus., Sri Endah Indriwati., dan Murni Saptasari. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Biologi Berbasis Inkuiri Untuk Membangun Keterampilan Proses Siswa Sma Negeri 5 Malang Kelas X Semester Genap Materi Ekosistem. jurnal-online.um.ac.id. http://www.google.com (Diakses pada tanggal 22 Januari 2017).

Salatin, Nurjanah Puspa. 2012.Perbanyakan tanaman mangga (Mangifera indica) dengan cara cangkok di UPTD B2TPH, Tohudan Colomadu Karanganyar. http://digilib.uns.ac.id (di akses pada tanggal 5 februari 2018 pukul 11.00)

Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor.337/Kpts/Tp.240/6/2003

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabet

Widarmayanti, R. P., Susantini, E., dan Ambarwati, R. 2015. Profil Validitas LKS Berbasis Keterampilan Proses Pada Subpokok Bahasan Invertebrata Untuk Kelas X SMA. Jurnal Bioedu Vol.4 No.1 Januari 2015 ISSN: 2302-9528. Surabaya: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.68-75

Article Metrics

 Abstract Views : 2 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maryati Maryati, Ariefa Primair Yani, Sri Irawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.