Main Article Content

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman morfologi tanaman mangga (Mangifera indica) yang terdapat di kelurahan Padang Harapan Kota Bengkulu serta mendeskripsikan desain LKS hasil pengembangan berdasarkan observasi keanekaragaman morfologi tanaman mangga. Penelitian ini terdiri dari 6 tahapan yaitu 1) Tahap potensi dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi produk 5) Revisi produk 6) Uji keterbacaan LKS. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas X IPA5 SMAN 01 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah angket dan observasi. Hasil penelitian teridentifikasi 5 varietas tanaman mangga (Mangifera indica) yang digunakan sebagai bahan pembuatan LKS. Uji kelayakan LKS oleh ahli materi LKS mendapat persentase yaitu 78,8%, oleh ahli bahan ajar (1) mendapat persentase yaitu 76,9%, dan oleh ahli bahan ajar (2) mendapat persentase yaitu 84,6% dengan rata-rata persentase secara keseluruhan yaitu 80,1% dengan kategori layak. Hasil uji keterbacaan LKS oleh siswa secara keseluruhan menunjukkan persentase yaitu 87% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan layak dan memiliki kualitas baik.

Kata kunci: Pengembangan LKS, Tanaman mangga, Morfologi

Article Details

How to Cite
Maryati, M., Yani, A. P., & Irawati, S. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERDASARKAN HASIL OBSERVASI KEANEKARAGAMAN MORFOLOGI TANAMAN MANGGA (Mangifera Indica). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 68–75. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.68-75

References

  1. Damayanti, E.K. 2013. Pengelolaan Keanekaragaman hayati Tumbuhan Obat dan Tumbuhan Berguna. Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB
  2. Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
  3. Devi, Poppy Kamala., Soefiraeni Renny., dan Khaituddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta : PTK IPA.
  4. Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas
  5. Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  6. Pracaya. 2001. Bertanam Mangga. Jakarta:Penebar swadaya.
  7. Sulcha, Amalia Rif”atus., Sri Endah Indriwati., dan Murni Saptasari. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Biologi Berbasis Inkuiri Untuk Membangun Keterampilan Proses Siswa Sma Negeri 5 Malang Kelas X Semester Genap Materi Ekosistem. jurnal-online.um.ac.id. http://www.google.com (Diakses pada tanggal 22 Januari 2017).
  8. Salatin, Nurjanah Puspa. 2012.Perbanyakan tanaman mangga (Mangifera indica) dengan cara cangkok di UPTD B2TPH, Tohudan Colomadu Karanganyar. http://digilib.uns.ac.id (di akses pada tanggal 5 februari 2018 pukul 11.00)
  9. Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor.337/Kpts/Tp.240/6/2003
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabet
  11. Widarmayanti, R. P., Susantini, E., dan Ambarwati, R. 2015. Profil Validitas LKS Berbasis Keterampilan Proses Pada Subpokok Bahasan Invertebrata Untuk Kelas X SMA. Jurnal Bioedu Vol.4 No.1 Januari 2015 ISSN: 2302-9528. Surabaya: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya