PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS SERVICE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REFLECTIVE THINKING SISWA

Nindya Puri Setiawati(1), Bhakti karyadi(2), ariefa primairyani(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui kerangka dan kelayakan LKPD IPA berbasis service learning menurut dosen ahli dan praktisi, serta mengetahui reflective thinking peserta didik setelah belajar dengan menggunakan LKPD IPA berbasis service learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan metode 1) Tahap analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan dan produksi, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Data dianalisis secara deskriptif yaitu hasil pengembangan LKPD IPA materi dampak pencemaran lingkungan terdiri atas kerangka umum yang berisi halaman judul, kompetensi, tujuan pembelajaran, peta konsep, dan lembar kegiatan, serta  kerangka isi berisi judul, tujuan kegiatan, pengantar materi, alat dan bahan, langkah kerja, tabel dan gambar, pertanyaan diskusi, kesimpulan, dan kolom refleksi. Hasil penilaian validasi dari tim dosen ahli dan praktisi dilihat dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan memberikan hasil 94,75% sehingga bahan ajar LKPD IPA berbasis service learning yang dikembangkan memiliki kelayakan dengan kategori sangat baik. Hasil pretest-posttest kemampuan reflective thinking peserta didik sebelum dilakukan uji coba LKPD dan setelah peserta didik belajar dengan semua LKPD menunjukkan adanya peningkatan dengan rerata skor 61,4 berkategori kurang menjadi 79,4 berkategori cukup. Berdasarkan penilaian skor hasil tes pretest-posttest kemampuan reflective thinking maka peserta didik telah memiliki kemampuan reflective thinking.

 

Kata kunci : Reflective Thinking, LKPD, Service Learning


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.76-85

Article Metrics

 Sari Views : 5 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Lokasi: