Main Article Content

Abstract

Tumbuhan bambu merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Hal ini terlihat dari masih banyak ditemukannya tumbuhan ini di kehidupan sehari-hari. Penelitian  mengenai studi keanekaragaman bambu ini dilakukan di Desa Tanjung Terdana Kabupaten Bengkulu Tengah, yang bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan bambu di Desa Tanjung Terdana Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode jelajah. Pencatatan langsung di lapangan dilakukan untuk banyak rumpun, keterangan botani, nama daerah, dan data ekologi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan 4 marga bambu dengan 8 jenis yaitu Gigantochloa pseudoarundinaceae, Bambusa multiplex, Dendrocalamus asper, Gigantochloa serik, Gigantochloa robusta, Schyzotyum lima, Bambusa vulgaris var.vulgaris, dan Gigantochloa apus.

Kata Kunci : keanekaragaman jenis, bambu, desa Tanjung Terdana

Article Details

How to Cite
Hastuti, R. W., Yani, A. P., & Ansori, I. (2018). STUDI KEANEKARAGAMAN JENIS BAMBU DI DESA TANJUNG TERDANA BENGKULU TENGAH. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 96–102. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.96-102

References

  1. Arinasa, Ida Bagus Ketut. 2004. Keanekaragaman dan Penggunaan Jenis-jenis Bambu di Desa Tigawasa, Bali. Bali : UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya “Eka Karya” Bali-LIPI.
  2. Andoko, Agus. 2003.Budi daya Bambu Rebung. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
  3. BPMPB. 2013. Profil Desa. Bengkulu Tengah : Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Bengkulu
  4. Irawan, B., Rahayuningsih, S. R., Kusmoro, J. 2006. Keanekaragaman Jenis Bambu Di Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Sumedang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Padjadjaran.
  5. Soedjono dan Hartanto. 1994. Budidaya Bambu. Semarang : Dahara Prize
  6. Widjaja, E. A. 2001a. Identikit Jenis-Jenis Bambu Di Jawa. Bogor: Puslitbang Biologi-LIPI.
  7. Yani, A.P. 2012. Keanekaragaman Dan Populasi Bambu Di Desa Talang Pauh Bengkulu Tengah. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012 ISSN 1412-3617. Bengkulu: Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu.