PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Elsi Indriani(1), Yennita Yennita(2), Irdam Idrus(3),
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X IPA2 SMAN 4 Bengkulu Selatan dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas X IPA2 SMAN 4 Bengkulu Selatan. Variabel penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 33, 5 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 35 (Baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 32,5 (Baik), pada siklus II skor aktivitas peserta didik menjadi 34 (Baik). Data hasil belajar peserta didik pada siklus I dianalisis berdasarkan kategori ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 52,4% yang termasuk dalam kategori belum tuntas dan pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 81% dan termasuk dalam kategori tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan kelas X IPA2 SMAN 4 Bengkulu Selatan.

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan.


References


Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ayuningrum, Diah. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik SMA Pada Materi Protista. Vol. 4, 2 (https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/ujbe/8904) diakses 28 Maret 2018.

Djamarah, S Bahri. 2013. Hasil Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ibrahim, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah Edisi Kedua . Surabaya: Unesa University Press.

Khalifah, N Umi. 2013. Penerapan Model Problem-Based Learning (PBM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Peserta didik kelas VIII3 SMPN 21 Kota Bengkulu. Skripsi UNIB. Tidak Dipublikasi.

Neliana, Nia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Skripsi UNILA. Dipublikasi.

Nurdin, Syafruddin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Okta, P Dwi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Materi Intraksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Kelas VIIb SMPN 3 Marga Sakti Seblat. Skripsi UNIB. Tidak Dipublikasi.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Wardhani. dkk. 2013.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.22-28

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Elsi Indriani, Yennita Yennita, Irdam Idrus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.