PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI VERTEBRATA KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI IKAN LAUT

Aziza Fajri(1), Abdul Rahman(2), Ariefa Primair Yani(3),
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan inventarisasi ikan laut di provinsi Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (dua orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan guru Biologi SMA kelas X), dan lembar keterbacaan untuk peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun memperoleh nilai aspek materi 89% dan aspek kebahasaan 91% (kategori sangat layak) oleh para validator. Desain LKPD ini juga dikatakan layak (nilai 96%) dalam uji keterbacaan oleh 27 orang peserta didik di SMAN 09 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa desain LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar materi vertebrata kelas X tingkat SMA.

Kata Kunci: Pengembangan LKPD, inventarisasi, ikan laut.


References


Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswin, Pani. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berdasarkan Eksplorasi Kantong Semar (Nephentes sp) Di Kecamatan Muara Bangkahulu Dan Implementasinya Pada Materi Keragaman Hayati SMA Kelas X. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Katriani. L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ksmtour. 2016. Pantai Panjang Keajaiban Alam Bengkulu. (https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bengkulu/pantai-panjang-keajaiban-alam-bengkulu.htm) (diakses 17 November 2017).

Mulyati, R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Search, Solve, Create And Share (Sscs) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Arthropoda. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Nurdin, S. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud no 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Widoyoko, E. P. 2016. Evaluasi Program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.52-57

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aziza Fajri, Abdul Rahman, Ariefa Primair Yani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.