Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik di Kelas VIII5 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru peneliti dan seluruh siswa kelas VIII5SMPN 4 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model discovery learning, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 18 (baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 21 (baik). Hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 18 (baik), dan pada siklus II skor aktivitas siswa menjadi 21 (baik). Selanjutnya persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 65,71% yang termasuk kedalam kriteria belum tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 82,85% dan termasuk dalam kriteria tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VIII5SMPN 4 Kota Bengkulu.

Kata kunci: model discovery learning, pendekatan saintifik , aktivitas, dan hasil belajar

 

Article Details

How to Cite
Novita, F., Irawati, S., & Jumiarni, D. (2019). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.86-93

References

  1. Amyani. 2017. Penerapan Model Discovery learning (DL) Pada materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Di Kelas VIII2 SMPN 3 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu.
  2. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Hilda, L. 2015. Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran. Jurnal Darul ‘Ilmi, 3(1);76-85. Diakses pada tanggal 18 November 2017 dihttp://perpustakaanstainpsp.net/ejournal/index.php/darulilmi/article/view/354/351.
  5. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  6. Kemendikbud, 2013. Pengembangan kurikulum 2013. Paparan mendikbud dalam sosialisasi kurikulum. Jakarta: kemendikbud.
  7. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
  8. Kurniasih, S. 2015. Pengembangan LKS berbasis Model Discovery learning sebagai Upaya Peningkatan Hasil belajar pada Materi Respirasi untuk Kelas VII SMPN 1 Pondok Kelapa. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu.
  9. Kusuma, T. A., Indawati., Alex. H. 2015. Model Discovery learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam Pembelajaran Fisika di MA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3:4. Diakses tanggal 15 April 2018 dihttp://perpustakaan.net/pendidikanfisika /article/view/325/31.
  10. Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
  11. Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Prenada.
  12. Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  13. Uno, Hamzah B., Koni., Satria. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  14. Widiadnyana, Sadia dan Suastra. 2014. Pengaruh Model Discovery learning Terhadap Hasil belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1); 8-11. Diakses tanggal 15 April 2018. http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/134
  15. Wulandari, Sunarto, dan Salman. 2015. Implementasi Model Discovery learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Iis I Sma Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, 3 (7): (1);1-12. Diakses pada tanggal 18 November 2017 di http.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view.