Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan LKPD konservasi kura-kura pada materi pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan menilai kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura peserta didik. Jenis penelitian adalah Research and Development (RnD) yaitu penelitian untuk mengembangkan suatu produk. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Penilaian perilaku konservasi  peserta didik menggunakan angket konservasi kura-kura diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor-indoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi pengembangan LKPD dengan  persentase 80-86,67%, memiliki kriteria “sangat valid” dan terjadi peningkatan perilaku konservasi kura-kura peserta didik sebesar 5,46 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa LKPD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sangat layak diujicoba dan efektif untuk meningkatkan kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura bagi peserta didik.

Kata kunci: Kura-kura sumatera, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), RnD

 

Article Details

How to Cite
Trisna, D. M., Ruyani, A., & Yennita, Y. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENILAI KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSERVASI KURA-KURA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 102–107. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.102-107

References

  1. Alif, Y.Z., Wiryono, Aceng R., Catherine, M. 2017. Pengetahuan Konservasi Pada Siswa SMA Dengan Pembelajaran Indoor-Outdoor Menggunakan Modul Pendidikan Konservasi Kura-Kura. Prosiding Semirata BKS Bidang MIPA.
  2. Anggraini, N., Hery, S, dan Aceng, R. 2017. Penggunaan Modul Pendidikan Konservasi Kura-Kura sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Konservasi Siswa SMP. (http://semirata2017. mipa. unja.ac.id.).
  3. Asri, D. S. 2013. Tingkat Kepercayaan Diri Atlet dalam Pertandingan Kyorugi. Thesis. (http://www.respiratory.upi.edu./.pdf diakses tanggal 27 Februari 2018).
  4. Astirin, O. K. 2000. Permasalahan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Indonesia.(http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/D/D0101/D010107.pdf. jurnal diakses pada 19 November 2017).
  5. Firmiana, M.E, Rochimah I, Meithya R.P. 2012. “Go Green” Pelatihan untuk Mendorong Perilaku Konservasi Pro Lingkungan bagi Santri Al Ghazali, Kota Bogor. (http://www.jurnal.uac.ac.id/.pdf diakses tanggal 12 Mei 2018)
  6. Iskandar,D.T. 2000.Kura-kura dan Buaya Indonesia dan Papua Nugini. ITB. Bandung
  7. Kursini, M.D dan Yazid, M. 2005. Kura-kura Asia dalam Krisis dalam Warta Herpetofauna edisi 3. Bogor: ITB
  8. Listriana, Ety T.D.C, Indriati N.H. 2012. Pngembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbantuan Media Manipulatif dengan Pendekatan Inkuiri untuk Siswa SMP Kelas VIII Materi Lingkaran (http://www.online.um.ac.id/.pdf diakses tanggal 15 Mei 2018)
  9. Matthews, C.E, Aceng R. . Green teacher “Timely Turtle Teaching”. Issue 115. Canada. 2018
  10. Prihatiningsih, N.A. 2017. Pengembangan LKS Melalui Kegiatan IOI (Indoor-Outdoor-Indoor) untuk menilai Kognitif dan Kecenderungan Berperilaku Konservasi Kura-Kura Bagi Peserta didik.Bengkulu: FKIP UNIB
  11. Qurniawan,T.F. 2010. Apakah Herpetogi dan Herpetofauna itu. (http:// herpetofauna.wordpress.com/2010/01/31 diakses pada 22 Januari 2018)
  12. Robinson. 2013. Pengetahuan ,Sikap dan Perilaku Konservasi Hutan pada Peserta didik Sekolah Dasar di Sekitar Hutan Kawasan Gunung Salak Endah Taman Nasinal Gunung Halimun Salak.Skripsi.Bogor:IPB
  13. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel –variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA
  14. Ruyani, A. 2009. Integrating the Message of Turtle Corservation into a Science Teaching Plan for Elementary School in Bengkulu City (http://www.asianturtlenetwork.org/library/reports_papers/Integrating_message_of_turtle_conservation_into_science_teaching_in_Bengkulu_Indonesia_Jan_2009.html diakses 14 Mei 2018)
  15. Syafrizal, W. 2016.Hubungan antara Penguasaan Konsep Ekosistem dan sikap Peserta didik terhadap Konservasi Terumbu Karang di SMK Negeri Kelautan dan Perikanan Garut. Skripsi. (http://www. respiratory. upi.edu./.pdf diakses tanggal 27 Februari 2018)
  16. Widalismana. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Katalog untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Surakarta. (http://jurnal.fkip.uns..ac.id diakses pada tanggal 15 Mei 2018)
  17. Wiryono. Alif, Y.Z dan Yemie, S. 2016. Pendidikan Konservasi Kura-kura Sumatera. Bengkulu: Unit Penerbit FKIP UNIB.