PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENILAI KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSERVASI KURA-KURA

Dwi Martha Trisna(1), Aceng Ruyani(2), yennita yennita(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan LKPD konservasi kura-kura pada materi pembelajaran interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dan menilai kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura peserta didik. Jenis penelitian adalah Research and Development (RnD) yaitu penelitian untuk mengembangkan suatu produk. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Penilaian perilaku konservasi  peserta didik menggunakan angket konservasi kura-kura diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor-indoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi pengembangan LKPD dengan  persentase 80-86,67%, memiliki kriteria “sangat valid” dan terjadi peningkatan perilaku konservasi kura-kura peserta didik sebesar 5,46 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa LKPD pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sangat layak diujicoba dan efektif untuk meningkatkan kecenderungan berperilaku konservasi kura-kura bagi peserta didik.

Kata kunci: Kura-kura sumatera, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), RnD

 


References


Alif, Y.Z., Wiryono, Aceng R., Catherine, M. 2017. Pengetahuan Konservasi Pada Siswa SMA Dengan Pembelajaran Indoor-Outdoor Menggunakan Modul Pendidikan Konservasi Kura-Kura. Prosiding Semirata BKS Bidang MIPA.

Anggraini, N., Hery, S, dan Aceng, R. 2017. Penggunaan Modul Pendidikan Konservasi Kura-Kura sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Konservasi Siswa SMP. (http://semirata2017. mipa. unja.ac.id.).

Asri, D. S. 2013. Tingkat Kepercayaan Diri Atlet dalam Pertandingan Kyorugi. Thesis. (http://www.respiratory.upi.edu./.pdf diakses tanggal 27 Februari 2018).

Astirin, O. K. 2000. Permasalahan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Indonesia.(http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/D/D0101/D010107.pdf. jurnal diakses pada 19 November 2017).

Firmiana, M.E, Rochimah I, Meithya R.P. 2012. “Go Green” Pelatihan untuk Mendorong Perilaku Konservasi Pro Lingkungan bagi Santri Al Ghazali, Kota Bogor. (http://www.jurnal.uac.ac.id/.pdf diakses tanggal 12 Mei 2018)

Iskandar,D.T. 2000.Kura-kura dan Buaya Indonesia dan Papua Nugini. ITB. Bandung

Kursini, M.D dan Yazid, M. 2005. Kura-kura Asia dalam Krisis dalam Warta Herpetofauna edisi 3. Bogor: ITB

Listriana, Ety T.D.C, Indriati N.H. 2012. Pngembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbantuan Media Manipulatif dengan Pendekatan Inkuiri untuk Siswa SMP Kelas VIII Materi Lingkaran (http://www.online.um.ac.id/.pdf diakses tanggal 15 Mei 2018)

Matthews, C.E, Aceng R. . Green teacher “Timely Turtle Teaching”. Issue 115. Canada. 2018

Prihatiningsih, N.A. 2017. Pengembangan LKS Melalui Kegiatan IOI (Indoor-Outdoor-Indoor) untuk menilai Kognitif dan Kecenderungan Berperilaku Konservasi Kura-Kura Bagi Peserta didik.Bengkulu: FKIP UNIB

Qurniawan,T.F. 2010. Apakah Herpetogi dan Herpetofauna itu. (http:// herpetofauna.wordpress.com/2010/01/31 diakses pada 22 Januari 2018)

Robinson. 2013. Pengetahuan ,Sikap dan Perilaku Konservasi Hutan pada Peserta didik Sekolah Dasar di Sekitar Hutan Kawasan Gunung Salak Endah Taman Nasinal Gunung Halimun Salak.Skripsi.Bogor:IPB

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel –variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA

Ruyani, A. 2009. Integrating the Message of Turtle Corservation into a Science Teaching Plan for Elementary School in Bengkulu City (http://www.asianturtlenetwork.org/library/reports_papers/Integrating_message_of_turtle_conservation_into_science_teaching_in_Bengkulu_Indonesia_Jan_2009.html diakses 14 Mei 2018)

Syafrizal, W. 2016.Hubungan antara Penguasaan Konsep Ekosistem dan sikap Peserta didik terhadap Konservasi Terumbu Karang di SMK Negeri Kelautan dan Perikanan Garut. Skripsi. (http://www. respiratory. upi.edu./.pdf diakses tanggal 27 Februari 2018)

Widalismana. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Katalog untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Surakarta. (http://jurnal.fkip.uns..ac.id diakses pada tanggal 15 Mei 2018)

Wiryono. Alif, Y.Z dan Yemie, S. 2016. Pendidikan Konservasi Kura-kura Sumatera. Bengkulu: Unit Penerbit FKIP UNIB.




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.102-107

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Martha Trisna, Aceng Ruyani, yennita yennita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.