Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) konservasi kura-kura pada materi identifikasi ancaman populasi dan menilai upaya konservasi. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Penilaian perilaku konservasi peserta didik menggunakan angket konservasi kura-kura diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi LKPD pengembangan dengan  persentase 92,5% memiliki kriteria “sangat valid” dan terjadi peningkatan  perilaku konservasi kura-kura peserta didik sebesar 27,03 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah LKPD pada materi identifikasi ancaman populasi hasil pengembangan sangat layak diujicoba dan efektif untuk meningkatkan upaya konservasi kura-kura bagi peserta didik.

Kata kunci: Kura-kura Sumatera, lembar kerja peserta didik

 

Article Details

How to Cite
Sari, I. I., Ruyani, A., & Yani, A. P. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK UNTUK MENILAI UPAYA KONSERVASI KURA-KURA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.25-31

References

  1. Firmiana, M.E, Rochimah I, Meithya R.P. 2012. “Go Green” Pelatihan untuk Mendorong Perilaku Konservasi Pro Lingkungan bagi Santri Al Ghazali Kota Bogor.(http://www.jurnal.uac.ac.id/.pdf diakses tanggal 12 Mei 2018)
  2. KEMENHUT. 2012. Tentang Lembaga Konservasi.http://lpp.dephut.go.id/downlot.php?file=1393595147_1393595151.pdf diakses pada tanggal 17 November 2017.
  3. Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  5. Rahmi, N. 2008. Pertumbuhan Juvenil Labi-Labi, Amyda Cartilaginea(Boddaert, 1770) (Reptilia: Testudinata: Trionychidae) Berdasarkan Pemberian Jenis Pakan Yang Berbeda, Dalam Upaya Domestikasi Untuk Menunjang Konservasi Di Desa Belawa, Kabupaten Cirebon.http://msp.fpik.ipb.ac.id/download/publikasi/ali_mashar/ART2009_AMA.pdf, diakses pada tanggal 16 Desember 2017
  6. Rifa’i, Ahmad. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press
  7. Ruyani, A. 2015. Developing Science And Learning Research Capacity Of Bengkulu University In Ex Situ Conservation Of Sumatran Freshwater And Terrestrial Turtles. http: //sites. nationalacademies. org/ PGA/ PEER/ peerscience/ PGA_168049 diakses pada tanggal 07 Desember 2017.
  8. Salirawati, S. 2011. Penyusunan Dan Kegunaan Lks Dalam Proses Pembelajaran. http: //staffnew .uny.ac.id/ upload/ 132001805/ pengabdian/ 19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf diakses pada tanggal 17 November 2017.
  9. Silvia, T. 2015. Studi Pertumbuhan Awal Kura-kura Garis Hitam (Clyclemys oldhamii) di Lokasi Konservasi Taman Pintar Universitas Bengkulu dan Implementasinya Pada Pembelajaran Outdoor Siswa SD. TESIS. Bengkulu: Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan IPA
  10. Sinaga, H. 2008. Perdagangan Jenis-Jenis Kura-Kura Darat Dan Air Tawar Di Pasar Jakarta TESIS. Bogor: Institut Pertanian Bogor
  11. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  12. Suhartoyo, H, Anggraini, N,. Silviana, D.P,. dan Cempaka I. 2016. Pendidikan Konservasi Kura-Kura Sumatera. Bengkulu: Fkip Unib Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  13. Wiryono. Alif, Y.Z dan Yemie, S. 2016. Pendidikan Konservasi Kura-kura Sumatera. Bengkulu: Unit Penerbit FKIP UNIB.