PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK UNTUK MENILAI UPAYA KONSERVASI KURA-KURA

Intan Indah Sari(1), Aceng Ruyani(2), Ariefa Primair Yani(3),
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) konservasi kura-kura pada materi identifikasi ancaman populasi dan menilai upaya konservasi. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Penilaian perilaku konservasi peserta didik menggunakan angket konservasi kura-kura diberikan pada pembelajaran dengan strategi indoor-outdoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi LKPD pengembangan dengan  persentase 92,5% memiliki kriteria “sangat valid” dan terjadi peningkatan  perilaku konservasi kura-kura peserta didik sebesar 27,03 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah LKPD pada materi identifikasi ancaman populasi hasil pengembangan sangat layak diujicoba dan efektif untuk meningkatkan upaya konservasi kura-kura bagi peserta didik.

Kata kunci: Kura-kura Sumatera, lembar kerja peserta didik

 


References


Firmiana, M.E, Rochimah I, Meithya R.P. 2012. “Go Green” Pelatihan untuk Mendorong Perilaku Konservasi Pro Lingkungan bagi Santri Al Ghazali Kota Bogor.(http://www.jurnal.uac.ac.id/.pdf diakses tanggal 12 Mei 2018)

KEMENHUT. 2012. Tentang Lembaga Konservasi.http://lpp.dephut.go.id/downlot.php?file=1393595147_1393595151.pdf diakses pada tanggal 17 November 2017.

Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmi, N. 2008. Pertumbuhan Juvenil Labi-Labi, Amyda Cartilaginea(Boddaert, 1770) (Reptilia: Testudinata: Trionychidae) Berdasarkan Pemberian Jenis Pakan Yang Berbeda, Dalam Upaya Domestikasi Untuk Menunjang Konservasi Di Desa Belawa, Kabupaten Cirebon.http://msp.fpik.ipb.ac.id/download/publikasi/ali_mashar/ART2009_AMA.pdf, diakses pada tanggal 16 Desember 2017

Rifa’i, Ahmad. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Ruyani, A. 2015. Developing Science And Learning Research Capacity Of Bengkulu University In Ex Situ Conservation Of Sumatran Freshwater And Terrestrial Turtles. http: //sites. nationalacademies. org/ PGA/ PEER/ peerscience/ PGA_168049 diakses pada tanggal 07 Desember 2017.

Salirawati, S. 2011. Penyusunan Dan Kegunaan Lks Dalam Proses Pembelajaran. http: //staffnew .uny.ac.id/ upload/ 132001805/ pengabdian/ 19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf diakses pada tanggal 17 November 2017.

Silvia, T. 2015. Studi Pertumbuhan Awal Kura-kura Garis Hitam (Clyclemys oldhamii) di Lokasi Konservasi Taman Pintar Universitas Bengkulu dan Implementasinya Pada Pembelajaran Outdoor Siswa SD. TESIS. Bengkulu: Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan IPA

Sinaga, H. 2008. Perdagangan Jenis-Jenis Kura-Kura Darat Dan Air Tawar Di Pasar Jakarta TESIS. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suhartoyo, H, Anggraini, N,. Silviana, D.P,. dan Cempaka I. 2016. Pendidikan Konservasi Kura-Kura Sumatera. Bengkulu: Fkip Unib Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wiryono. Alif, Y.Z dan Yemie, S. 2016. Pendidikan Konservasi Kura-kura Sumatera. Bengkulu: Unit Penerbit FKIP UNIB.




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.25-31

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Intan Indah Sari, Aceng Ruyani, Ariefa Primair Yani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.