Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Sistem Pernapasan di kelas VIIIB SMPN 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIIB SMPN 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observassi. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Variabel penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 28 (Baik), pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 30,5 (Baik). Hasil analisis data aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 29 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas siswa menjadi 31,5 (Baik). Selanjutnya data hasil belajar siswa pada siklus I dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan di peroleh nilai rata-rata siswa 72 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 72,4 % dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,5 dengan persentase ketuntasan belajar 86,2 % dengan kriteria tuntas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMPN 7 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, aktivitas, hasil belajar

Article Details

How to Cite
Susminiarti, F., Ansori, I., & Yennita, Y. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN SISWA KELAS VIIIB SMPN 7 KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 91–99. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.91-99

References

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  2. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
  3. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  4. Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
  5. Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
  6. Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media
  7. Effendi, M. 2016. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Peserta Didik Kelas VI SDN 04 Nan Sabaris Tahun Pelajaran2015/2016. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  8. Khalifah, N Umi. 2013. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII3 SMPN 21 Kota Bengkulu. Skripsi UNIB. Tidak Dipublikasikan
  9. Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya
  10. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Press
  11. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
  12. Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara
  13. Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka
  14. Wisudawati, A.E., Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.