Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendata keanekaragaman spesies tumbuhan Pteridophyta yang tumbuh di kawasan wisata Suban Air Panas Kabupaten Rejang Lebong dan membuat booklet tumbuhan paku-pakuan yang valid dan efektif sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar Biologi bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejang Lebong pada materi pelajaran tumbuhan (Plantae) subbab Pteridophyta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Devolope (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Adapun tahapan yang digunakan yaitu hanya pada batas tahap Devolope (pengembangan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket kebutuhan siswa, lembar observasi lapangan, lembar karakteristik morfologi, lembar validasi booklet dan angket respon siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan 14 spesies tumbuhan paku. 7 famili Polypodiaceae, 1 famili Dryopteridaceae, 1 famili Adiantaceae, 1 family Selaginellaceae, 1 famili Equisetaceae, 1 family Pteridaceae dan 1 famili Marattiaceae. Booklet yang telah dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai akhir 92 % dan dengan kriteria sangat baik. Data angket respon siswa menunjukkan bahwa booklet efektif dijadikan bahan ajar dengan presentase 83 % dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa booklet yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar dan efektif sebagai alternative sumber belajar biologi kelas X SMA N 1 Rejang Lebong pada materi ajar tumbuhan (Plantae) subbab Pteridophyta.

Kata Kunci : Booklet, Pteridophyta, Bahan Ajar.

Article Details

How to Cite
Fitriasih, R., Ansori, I., & Kasrina, K. (2019). PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI KAWASAN SUBAN AIR PANAS UNTUK SISWA SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108

References

  1. Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan (metode dan paradifma baru). Bandung : Rosda.
  2. Hariyadi, Bambang. 2000. Sebaran keanekaragaman jenis tumbuhan paku di bukit sari, jambi. Bogor : IPB.
  3. Imtihana, Mutia. F. Putut Martin, H.B. & Bambang Priyono. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkingan Di SMA. Unnes Journal of Biology Education. 3 (2) : 186-192.
  4. Izmuka. 2015. Obyek wisata dibengkulu suban air panas. http://www.info-kita.com/obyek-wisata-di-bengkulu-suban-air-panas/ (diakses 20 januari 2017).
  5. Majid, abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.
  6. Nahu, Titi D. Wirnangsi, U. dan Abubakar, S. 2013. Keanekaragaman Dan Bio-Ekologis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang Sub Kawasan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Gorontalo.
  7. Pralisaputri, K. Heribertus, S. dan Chatarina, M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. GeoEco. 2 (2) : 147-154.
  8. Prastowo, Adi. 2011. Panduan Kreatif membuat bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : DIVA Press.
  9. Pusat Data dan Informasi. 2016. Statistik Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2015. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.
  10. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 2014. Gambaran Umum Kondisi Daerah. Hlm.11-14.
  11. Sandy, S Fari. Yuni, P. dan Atok M. 2016. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Air Terjun Lawean Sendang Kabupaten Tulung Agung. Malang : Prosiding Seminar Nasional.
  12. Soesilo, dkk. 1986. Buku Materi Pokok Biologi. Jakarta: Universitas Terbuka press.
  13. Sugianto. 2013 . Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Pada Tema Fotosintesis Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah. Universitas Negeri Semarang.
  14. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta.
  15. Suyitno, Imam. 2011. Cara Mudah Dalam Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung : PT. Rafika Aditama.
  16. Tjitrosoepomo, Gembong. 1994. Taksonomi tumbuhan. Yogyakarta: UGM Press.