PEMAHAMAN KONSEP BRYOPHYTA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 ARGAMAKMUR

Nur Farida(1), Bhakti Karyadi(2), Kasrina Kasrina(3),
(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD, dan kemampuan pemahaman konsep keanekaragaman Bryophyta pada peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D dengan mengadopsi langkah-langkah dari Borg & Gall. Subyek penelitian 26 orang peserta didik kelas X IPA3 SMA negeri 1 Argamakmur. Variabel penelitian adalah kemampuan pemahaman konsep peserta didik tentang keanekaragaman Bryophyta. Instrumen yang digunakan untuk megukur kemampuan pemahaman konsep dalam bentuk tes esai yang terdiri dari indikator translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Hasil validasi ahli dan praktisi, LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase mencapai  87%. kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah belajar dengan LKPD menunjukkan peningkatan dengan rerata nilai pretest-posttest 65,9 menjadi 78,6. Pembelajaran biologi dengan menggunakan LKPD berdasarkan hasil studi keanekaragaman tumbuhan lumut disekitar lingkungan siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA 1 Argamakmur.

Kata kunci : LKPD, keanekaragaman bryophyta, pemahaman konsep


References


Borg. W. R. Dan Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman

Daliman. 2013. Teknik Penyusunan Dan Pemba Kuan Tes Hasil Belajar Ilmu Sosial Serta Pengolahannya. Yogyakarta: Penerbit ombak

Daryanto, H. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Hamdani, D., Eva Kurniati dan Indra Sakti. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu.Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012. (Http://repository.unib.ac.id/6693)

Hanif, Ibrohim, dan Fatchur Rohman. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganVolume: 1 Nomor: 11 Bulan November Tahun 2016 Halaman:2163-2171, (Http://

journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8042).

Johan H., A Suhandi, A R Wulan dan Sipriyadi. 2018. Impact of Learning Earth Lithospheres Using Interactive Conceptual Instruction on Logic Thinking, Conceptual Understanding, and Spiritual Aspect Embedding. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1):7-17

Karyadi B., A Ruyani, dan A Susanta, 2016. Development of a Learning Model for Enviromental Education at Ex-Situ Sumatran Turtle Conservation Ares. Proceeding International Seminar on Science Education (ISSE), Nurturing innovative and highly literate generation trough science education.Graduate School Yogyakarta State University.Vol 2. ISSN 2476-9533

Karyadi B., E.W Winarni, M Suterisni, dan W Zulistia. 2017. Development of Biology Learning Strategy Base on Natural Enviroment in the Senior High School. Proceeding Bengkulu International Conference on Science and Education (BICSE-2017), breaching international boundaries to share scientific research and advance education. Bengkulu of University. ISBN: 972-602-8043-84-7

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Rif’atus A.S., Sri Endah Indriwati, dan Murni Saptasari. 2013. PengembanganLembar Kerja Peserta didik (LKS) Biologi Berbasis Inkuiri Untuk Membangun Keterampilan Proses Peserta didik Sma Negeri 5 Malang Kelas XSemester Genap Materi Ekosistem. (http://jurnal-online.um.ac.id)

Sari, E., Syamsurizal, dan Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA Jurnal Pengembangan LKPD Desember 2016 Halaman: 8-17.(https://online-journal.unja

.ac.id/index.php/edusains/article/view/3388)

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Widiadnyana I. W., Sadia I. W. dan Suastra I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1);8-11. (Http://pasca.unduksha. ac.id/ejournal/Index.php/jurnal-ipa/ article /view/134).




DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.109-115

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Farida, Bhakti Karyadi, Kasrina Kasrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.