Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD, dan kemampuan pemahaman konsep keanekaragaman Bryophyta pada peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D dengan mengadopsi langkah-langkah dari Borg & Gall. Subyek penelitian 26 orang peserta didik kelas X IPA3 SMA negeri 1 Argamakmur. Variabel penelitian adalah kemampuan pemahaman konsep peserta didik tentang keanekaragaman Bryophyta. Instrumen yang digunakan untuk megukur kemampuan pemahaman konsep dalam bentuk tes esai yang terdiri dari indikator translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Hasil validasi ahli dan praktisi, LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase mencapai  87%. kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah belajar dengan LKPD menunjukkan peningkatan dengan rerata nilai pretest-posttest 65,9 menjadi 78,6. Pembelajaran biologi dengan menggunakan LKPD berdasarkan hasil studi keanekaragaman tumbuhan lumut disekitar lingkungan siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA 1 Argamakmur.

Kata kunci : LKPD, keanekaragaman bryophyta, pemahaman konsep

Article Details

How to Cite
Farida, N., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2019). PEMAHAMAN KONSEP BRYOPHYTA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 ARGAMAKMUR. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 109–115. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.109-115

References

  1. Borg. W. R. Dan Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman
  2. Daliman. 2013. Teknik Penyusunan Dan Pemba Kuan Tes Hasil Belajar Ilmu Sosial Serta Pengolahannya. Yogyakarta: Penerbit ombak
  3. Daryanto, H. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
  4. Hamdani, D., Eva Kurniati dan Indra Sakti. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu.Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012. (Http://repository.unib.ac.id/6693)
  5. Hanif, Ibrohim, dan Fatchur Rohman. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganVolume: 1 Nomor: 11 Bulan November Tahun 2016 Halaman:2163-2171, (Http://
  6. journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8042).
  7. Johan H., A Suhandi, A R Wulan dan Sipriyadi. 2018. Impact of Learning Earth Lithospheres Using Interactive Conceptual Instruction on Logic Thinking, Conceptual Understanding, and Spiritual Aspect Embedding. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1):7-17
  8. Karyadi B., A Ruyani, dan A Susanta, 2016. Development of a Learning Model for Enviromental Education at Ex-Situ Sumatran Turtle Conservation Ares. Proceeding International Seminar on Science Education (ISSE), Nurturing innovative and highly literate generation trough science education.Graduate School Yogyakarta State University.Vol 2. ISSN 2476-9533
  9. Karyadi B., E.W Winarni, M Suterisni, dan W Zulistia. 2017. Development of Biology Learning Strategy Base on Natural Enviroment in the Senior High School. Proceeding Bengkulu International Conference on Science and Education (BICSE-2017), breaching international boundaries to share scientific research and advance education. Bengkulu of University. ISBN: 972-602-8043-84-7
  10. Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
  11. Rif’atus A.S., Sri Endah Indriwati, dan Murni Saptasari. 2013. PengembanganLembar Kerja Peserta didik (LKS) Biologi Berbasis Inkuiri Untuk Membangun Keterampilan Proses Peserta didik Sma Negeri 5 Malang Kelas XSemester Genap Materi Ekosistem. (http://jurnal-online.um.ac.id)
  12. Sari, E., Syamsurizal, dan Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA Jurnal Pengembangan LKPD Desember 2016 Halaman: 8-17.(https://online-journal.unja
  13. .ac.id/index.php/edusains/article/view/3388)
  14. Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  15. Widiadnyana I. W., Sadia I. W. dan Suastra I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1);8-11. (Http://pasca.unduksha. ac.id/ejournal/Index.php/jurnal-ipa/ article /view/134).