Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model kooperatif tipe think pair share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 24,5 (baik) dan siklus II meningkat menjadi 27 (baik). Untuk hasil analisis data observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh skor 24,5 (baik), meningkat menjadi 27 (baik). Peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa diikuti pula oleh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan  dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh persentase klasikal 56,43% dengan kriteria cukup kritis, meningkat di siklus II menjadi 72,50% dengan kriteria kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think pair share dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA3 SMAN 1 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: think pair share, kemampuan berpikir kritis siswa , model kooperatif

Article Details

How to Cite
Arrosid, M. R., Yennita, Y., & Karyadi, B. (2019). MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KELAS X IPA3 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 116–122. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.116-122

References

  1. Arifin, Z. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), (Online), Vol. 1, No. 2, Hal. 92-100, (http://jurnal.unma.ac.id, diakses 5 Februari 2017).
  2. Arpin. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think pair share (TPS) Pada Pembelajaran IPA-Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viid Smpn 17 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Bengkulu.
  3. Asna, R. H. 2016. Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Siklus Belajar 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), ISSN 1412-565 X, Hal. 154-162, (http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/viewFile/3119/2141, diakses 6 Februari 2017).
  4. Astriani, Nia. 2017. Upaya Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair share (TPS) Kelas Vii C Smp Negeri 11 Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Matematika UniversitasPGRIYogyakarta(http://repository.upy.ac.id/1554/1/Artikel.pdf diakses 29 November 2017 )
  5. Boleng, D. T. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Think pair share Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Social, Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siwa Sma Multietnis. Pendidikan sains 2(2):76-84. (htTPS://media.neliti.com/media/publications/173157-ID-none.pdf diakses 29 November 2017)
  6. Facione, Peter. 2000. The Disposition Toward Critical Thinking: Its Character, Measurement, and Relationship to Critical Thinking Skill. Santa Clara University. Informal Logic, Vol 20, No. 1, pp: 61-84.
  7. Hanafiah, Nanang. & Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung.: PT Refika Aditama.
  8. Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung: Penerbit Yrma Widya.
  9. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.
  10. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  11. Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran konstruktivik. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran 16 (1): 88-93.(http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan pembelajaran/article/view/2611 diakses 29 November 2017)
  12. Nur ‘aini, Fitri ria. 2016. Meningkatkan Keaktifan Dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Sub Bab Plantae Kelas Vii A Mts Tribakti Kunjang. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.(http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12.1.01.06.0016.pdf. diakses 29 November 2017)
  13. Susanti, M. N. I. 2010. Statistik Deskriptif dan Induktif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  14. Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta :Prestasi Pustaka
  15. Verawati. 2012. Pemanfaatan Media Pembelajaran Elektronik di KalanganGuruSMP(Online).(http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/1831/3/T1_162008060_BAB II.pdf diakses 29 November 2017)
  16. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).