Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Variabel penelitian ini adalah model embelajran berbasis masalah dan hasil belajar kognitif dan psikomotor. Subjek penelitian yaitu guru dan seluruh peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif siklus I yaitu 70,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,48% (tuntas). Hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata skor yaitu 14,8 (Cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15,6 (Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Article Details

How to Cite
Dahniar, R., Yennita, Y., & Irawati, S. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 22–30. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.22-30

References

  1. Abdurrozzak, R., Jayadinata. K. A., dan Atun. I. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1): 871-880. (online).(http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3580/pdf), Diakses pada tanggal 2 Januari 2019.
  2. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
  3. Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3 (2) : 199-211. (online). (http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/3597/2118), Diakses pada tanggal 5 Februari 2019.
  4. Indriani, E. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Diklabio, 2 (2): 22-28. (online). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6800/3394, Diakses tanggal 28 Mei 2019.
  5. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan Profesi Guru . Jakarta: Rajawali Pers.
  6. Majid, A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  7. Nafiah, N. Y. dan Suyanto, W. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1): 125-143. (online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/2540/2098), Diakses pada tanggal 25 Desember 2018.
  8. Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Sani, A. R. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Sani, A. R. 2013. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Sudjana. 2008 . Dasar -dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinabaru.
  12. Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.
  13. Surbakti, V. H. 2014 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII D SMPN 6 Kota Bengkulu. Skripsi UNIB. Tidak Dipublikasi.
  14. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
  15. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Bidang Dikbud KBRI Tokyo.
  16. Wijaya, S.R. 2015. Hubungan Kemandirian Dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1 (3) : 40-45. (online). (http://respitory.usd.ac.id/33104/2/141324002full.pdf), Diakses pada tanggal 15 Februari 2019.
  17. Wulandari, B., Surjono.D.H. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 3 (2): 178-191. (online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1600), Diakses tanggal 20 Mei 2019.