Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan  keragaman tanaman obat di Desa Margomulyo Bengkulu Tengah. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu 1) Tahap uji kelayakan yang dilakukan oleh tiga orang validator; dan 2) Tahap uji respon terhadap 24 orang peserta didik. Subjek uji coba penelitian ini adalah tiga orang validator yang terdiri dari satu Dosen Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu dan dua guru Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA), serta peserta didik kelas X MIPA3 SMAN 1 Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket  untuk tiga orang validator dan 24 orang peserta didik. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun dinyatakan sangat layak oleh validator dengan rata-rata skor 91%. Uji respon terhadap 24 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Bengkulu Tengah juga mendapatkan respon yang sangat baik dengan rata-rata skor 90,6%. Berdasarkan uji validasi dan uji respon tersebut LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati kelas X tingkat SMA.

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Keragaman, Tanaman Obat

Article Details

How to Cite
Farameta, E., Yani, A. P., & Singkam, A. R. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KERAGAMAN TANAMAN OBAT DI DESA MARGOMULYO BENGKULU TENGAH. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 104–111. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.104-111

References

  1. Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogayakarta: Ar-Ruzz Media.
  2. Aswin, Pani. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berdasarkan Eksplorasi Kantong Semar (Nephentes sp) di Kecamatan Muara Bangkahulu dan Implementasinya Pada Materi Keragaman Hayati SMA Kelas X. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  3. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  4. Fajri, A., Abdul, R., & Ariefa, P. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Jurnal Pembelajaran Biologi Univeritas Bengkulu. 2(2):52-57 (online) https://journal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/6804, diakses 19 Juli 2019.
  5. Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Maryati., Ariefa. P., & Sri. I. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Hasil Observai Keanekaragaman Morfologi Tanaman Mangga (Mangifera Indica). Jurnal dan Pembelajaran Biologi Universitas Bengkulu. 2(1):68-75 (online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ppb/article/5144, diakses 19 juli 2019.
  7. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatid Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press.
  8. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  9. Saparinto, Cahyo dan Susiana, Rini. 2016. Grown Your Own Medical Plant (51 Tanaman Obat Populer di Pekarangan). Yogyakarta: Lily Publisher.
  10. Septiara, W.D., Ariefa, P., & Kasrina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Tumbuhan Obat Suku Lembak Delapan Kecamatan Talang Empat Kaupaten Bengkulu Tengah. Jurnal dan Pembelajaran Universitas Bengkulu. 3(1):8-16 (online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/7811, diakses 19 Juli 2019.
  11. Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  12. Suryani, Irma. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja SISWA (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Jurnal Edusains. 8(2):150-156 (online) http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains, diakses 19 juli 2019.
  13. Uniati, O., Dewi, J., & Ariefa, P. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Jenis Tanaman di Green Chemistry dan Kebun Biologi Universitas Bengkulu. Jurnal dan pembelajaran Biologi Universitas Bengkulu. 3(1):17-24 (online) https://journal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/7813, diakses 19 Juli 2019.
  14. Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Modul diterbitkan .Pendidikan FMIPA :Universitas Negeri Yogyakarta.
  15. Zukmadini, A., Dewi, J., & Kasrina. 2018. Developing Antimicrobial Medicinal Plants Pocketbook Based on Local Wisdom of Muko-Muko and Serawai Ethnics. 4(2);95-104 (online) http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/download/5436/5518, diakses 24 Juli 2019.