Main Article Content

Abstract

Buku saku merupakan salah satu media pembelajaran yang dihasilkan dari pengembangan materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang dikembangkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah materi keanekaragaman mikroorganisme eukariotik sub topik fungi dan Materi ini dikembangkan dengan merancang buku saku budidaya jamur tiram berbasis penelitian pengaruh ampas tebu sebagai media tanam jamur. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan buku saku yang layak sebagai media pembelajaran mikrobiologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) yang dibatasi pada: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk. Penelitian pertumbuhan jamur tiram dilakukan menggunakan metode RAL untuk melihat pengaruh ampas tebu sebagai media tanam. Setelah didapatkan hasil dari penelitian ini, barulah informasi ini dicantumkan ke dalam buku saku yang dikembangkan. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan instrumen berupa lembar validasi. Yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli bahan ajar, serta uji keterbacaan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi UNIB. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil uji validasi buku saku yang dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli bahan ajar mendapatkan hasil rerata 80,5% dengan kriteria valid, dan hasil uji keterbacaan pada mahasiswa yaitu 86% dengan kriteria sangat valid sehingga buku saku Budidaya Jamur Tiram yang telah dikembangkan, layak digunakan sebagai bahan ajar matakuliah Mikrobiologi.

 

Kata Kunci: Buku Saku, Budidaya Jamur Pleurotus ostreatus,  Mikrobiologi

Article Details

How to Cite
Sari, R. M., Kasrina, K., & Jumiarni, D. (2020). Pengembangan Buku Saku Berbasis Penelitian Pengaruh Ampas Tebu Sebagai Media Tanam Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Untuk Matakuliah Mikrobiologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 86–93. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.86-93

References

  1. Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Ami, M.S., Susanti, E. & Raharjo. 2012. Pengembangan buku saku materi sistem ekskresi manusia di SMA/MA Kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 1(2): 10-13.
  3. Borg & Gall. 1983. Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  4. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
  5. Muhammad, N.N., Taiyeb, A. M., & Azis A.A. 2015. Pengembangan Buku Saku Pada Materi Sistem Respirasi untuk SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015: 162-167
  6. Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.
  7. Nurrita. T. 2018. Pengembangan Media Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah (Misykat), 3(1), 171-187.
  8. Peraturan Pemerintah No 19. 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
  9. Purwadarminta, W.J.S 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
  10. Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  11. Slavia, H., Kasrina., Irwandi, A. 2018. Pengembangan Buku Saku Tumbuhan Paku Berdasarkan Identifikasi Pteridophyta Di Sekitar Danau Dendam Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1): 21-26.
  12. Sulistyani, N.H.D. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X . Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 164-172.
  13. Suratsih. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Penelitian Unggulan UNY (Multi Tahun) Tahun Anggaran 2010. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
  14. Susanto. A. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
  15. Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
  16. Undang Undang Republik Indonesia No 20. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
  17. Windayani., Kasrina., Irwandi, A. 2018. Pengembangan buku saku berdasarkan hasil eksplorasi tanaman obat suku rejang kecamatan Merigi. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1): 51-57.
  18. Zukmadini, A.Y., Jumiarni, Dewi., Kasrina. 2018. Developing Antimicrobial Medicinal Plants Pocketbook Based on Local Wisdom of Muko-Muko and Serawai Ethnics. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 4(2): 95-104.