Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan inventarisasi jenis-jenis capung yang berada di area kampus Universitas Bengkulu (UNIB). Penelitian dilakukan dengan 3 tahap yaitu tahap validasi, revisi hasil validasi dan uji coba pada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didk kelas X MIPA 1 SMA 6 Kota Bengkulu.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (satu orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan dua guru IPA Biologi SMA 6 Kota Bengkulu). Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang disusun sangat layak digunakan dengan nilai rata-rata sebesar 80%. Uji coba skala kecil LKPD (pemahaman peserta didik) juga menunjukkan LKPD ini sangat baik secara kelompok dengan nilai rata-rata sebesar 80,17%. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba skala kecil, LKPD yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati kelas X MIPA 1 SMA 6 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: Pengembangan LKPD, Inventarisasi, Capung (Odonata)

Article Details

How to Cite
Yani, R. F., Karyadi, B., & Ansori, I. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TENTANG KEANEKARAGAMAN HAYATI JENIS CAPUNG UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SISWA SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.31-39

References

  1. Bariyah, Khairul. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbasis Outdoor Study. Jurnal MTK. 3 Juni 2018
  2. Borich, Gary D. 1994. Observation Skill For Effective Teaching. New York: Mac Milian Publishing Company
  3. Borror, D. J., Triplrhorn, C.A., and Johnson, N.F. 1992. An Introduction to study of Insect, 6 ed, Saunders College Pub., A Division of Holt Rinehaest Wingston, Inc
  4. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
  5. Fajri, Aziza. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Diklabi; Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2): 52-57
  6. Julaika, dkk. 2018. Spesies Capung (Ordo Odonata) Ditaman Nasional Gunung Palung Kalimantan
  7. Karyadi, B., Zukmadini, A.Y., Putri, R. Z. E., Anggraini, N. 2018. Strategi Pembelajaran Biologi di Luar Kelas Menggunakan Ekosistem Air Tawar Sebagai Sumber Belajar. FKIP Universitas Bengkulu
  8. Maulana, Respiana. 2015. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Polya. Jurusan Pendidikan Fisika. Universitas Papua, Indonesia
  9. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
  10. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
  11. Sari, E., Syamsurizal, Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains Volume 5 No. 2 (https://media.neliti.com>publication diakses 24 September 2018)
  12. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bogor: Alfabeta, CV
  13. Suyanto. 2011. Lembar KERJA Siswa (LKS), (http://www.nap.edu/ LKS /article/ nsess/html, diakses 11 November 2018)
  14. Suyitno, Imam. 2011. Memahami Tindakan Pembelajaran Cara Mudah dalam Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Malang : Refika Aditama
  15. Wiguna, Muhammad. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Siswa SMP. Jurnal Batulicin, Tanah Bumbu. Kalimantan Selatan, Indonesia
  16. Zukmadini, Alif Yanuar., Bhakti Karyadi., Wiwit Trisnawati. 2018. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Melalui Kombinasi Pembelajaran Indoor dan Outdoor Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 148-155.