Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berdasarkan identifikasi jenis capung yang terdapat di area persawahan Desa Tabeak Kauk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah dalam penelitian ini terdiri dari  potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba dan revisi produk. Uji coba skala terbatas dilakukan pada peserta didik kelas X SMAN 3 Kabupaten Lebong. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 9 jenis dari 5 famili capung yang terdapat di persawahan Desa Tabeak Kauk. Uji validasi LKPD dari ketiga validator memperoleh nilai  rata-rata dengan persentase sebesar 88,1% (kriteria “sangat layak”). Hasil uji coba LKPD pada 29 peserta didik kelas X mendapatkan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82,8%. Hasil uji validasi dan uji coba menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan ini termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, LKPD berdasarkan keragaman capung di Persawahan Desa Tabeak Kauk Kabupaten Lebong layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA.

 

Kata Kunci : Capung, Lembar Kerja Peserta Didik, Desa Tabeak Kauk

Article Details

How to Cite
Yunasiska, E. A., Ansori, I., & Rahman, A. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI PERSAWAHAN DESA TABEAK KAUK KABUPATEN LEBONG. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.24-30

References

  1. Ahmadi, Rulam. 2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  2. Ansori, Irwandi. 2008. Keanekaragaan Odonata (Dragonflies) di Beberapa Persawahan Sekitar Bandung Jawa Barat, Jurnal Exacta, Universitas Bengkulu, VI (20) Juli 2019.
  3. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  4. Depdiknas, 2003. UU RI Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta.
  5. Hanum,S.O., Salma, S., dan Delmi. 2013 .Jenis-Jenis Capung (Odonata) di Kawasan Taman Satwa kandi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.Jurnal Biologi Universitas Andalas 2(1) : 71-76.
  6. Herlambang, A.E.N. 2016. “ Struktur Komunitas Capung Di Kawasan Wisata Curug Lawe Benowo Unggaran Barat” Jurnal Bioma. 18 (1) : 70-78.
  7. Jumar. 2000. Entomologi Serangga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  8. Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
  9. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
  10. Purwanto, A. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  12. Rusman. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  14. Yasir, M., Susantini, E., dan Isnawati. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Stretegi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Jurnal Bioedu. 2(1): 77-82.