Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi dan uji keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi keanekaragaman hayati berdasarkan hasil penelitian keanekaragaman jenis ikan di Sungai Aur Lemau Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (dua orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan Guru Biologi SMA kelas X), dan lembar keterbacaan untuk peserta didik. LKPD yang disusun memperoleh kriteria sangat valid, dengan nilai 92,2% dari para validator, dan juga dinilai sangat layak dengan nilai 95,32% dalam uji keterbacaan oleh 30 orang peserta didik di SMAN 6 Kota Bengkulu. Hasil validasi dan uji keterbacaan ini menunjukkan bahwa LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA.

Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Keanekaragaman hayati, Ikan air tawar

Article Details

Author Biography

Intan Febrian, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
How to Cite
Febrian, I., Rahman, A., & Ruyani, A. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERDASARKAN DIVERSITAS IKAN SUNGAI AUR LEMAU BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.17-23

References

  1. Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (Bkipm KKP RI). 2015. Permasalahan Konsumsi dan Manfaat Ikan. Jakarta.
  2. Darmojo, Hendro dan Jenny R.F. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdiknas.
  3. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  4. Fajri, A., Singkam, A. R., dan Ariefa, P. Y. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2 (2): 52-57.
  5. Kementerian PUPR. 2017. Buku Informasi Statistik 2017. Jakarta.
  6. Pitasari, Y., Abdul, R., Kasrina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Studi Pengaruh Osmosis Terhadap Warna Mata. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Biologi 2 (2) : 16-21. (Online),
  7. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press.
  8. Rarasandy, L., Dyah, R.I., dan Kukuh, S. 2013. Pembelajaran Biologi Mengarah Pada Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan 42 (2): 129-136.
  9. Susanti, N.D. 2013. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dengan Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2): 1-11.
  10. Tivani, I., dan Paidi. 2016. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan 2(1): 35-45. (Online),
  11. Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi. Jakarta: Kencana.
  12. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  13. Uniati, O., Dewi, J.,dan Ariefa, P.Y. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Jenis Tanaman Di Green Chemistry Dan Kebun Biologi Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 3(1): 17-24.
  14. Yasir, M., Susantini, E., dan Isnawati. 2013. Pengembangan lembar kerja Siswa (LKS) Berbasis Stretegi Belajar metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat manusia. BioEdu. 2(1): 77-82.
  15. Wahyuni, T.T dan Agus Z. 2018. Keanekaragaman Ikan di Sungai Luk Ulo Kabupaten Kebumen. Biosfera. 35 (1): 23-28.
  16. Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta ddik (LKPD) sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: PPPP TK Matematika.