Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Aplikasi Kamus Tumbuhan Berspora Berbasis Android yang dirancang dari hasil studi tumbuhan berspora di Taman Wisata Alam (TWA) Pantai Panjang Kota Bengkulu. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016 Universitas Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi untuk dua orang dosen ahli (ahli materi dan ahli media) dan lembar uji respon untuk mahasiswa. Berdasarkan hasil studi ditemukan 39 spesies tumbuhan berspora yang kemudian dibuat menjadi data dari aplikasi kamus tumbuhan berspora yang kemudian divalidasi oleh dua validator, aplikasi yang dirancang memperoleh predikat sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 93,5%. Sementara dari hasil uji respon mahasiswa diperoleh predikat sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 92,81%. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji respon tersebut, Aplikasi Kamus Tumbuhan Berspora berbasis lingkungan yang dirancang layak untuk digunakan sebagai media pendukung perkuliahan Taksonomi Tumbuhan I pada materi tumbuhan berspora.

Kata Kunci: Android, Bengkulu, Kamus, Spora, TWA.

Article Details

How to Cite
Tuzzahra, A., Kasrina, K., & Ansori, I. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Kamus Tumbuhan Berspora Berbasis Android dari Studi Tumbuhan Berspora di Taman Wisata Alam Pantai Panjang Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 209–217. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.209-217

References

  1. Angkowo, R. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
  2. Asabere, N. Y. 2013. Benefits and Challenges of Mobile Learning Implementation: Story of Developing Nation. International Journal of ComputerApplications, 73 (1).
  3. Azhar. 2016. Pemanfaatan Media Berbasis Lingkungan dan Media Standar Laboratorium pada Pembelajaran Dasar-Dasar Sains di Program Studi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  4. Budiman, M. A, Erna B.N, dan Riska V. B. 2015. Penerapan Algoritma Brute Force pada Perancangan Aplikasi Kamusta Bahasa Indonesia-Inggris Berbasis Android. Medan: USU Press.
  5. Handini, M. N. 2018. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Serawai sebagai Pengembangan Handout Biologi Kelas X SMA. DIKLABIO: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2 (2): 35-43.
  6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2018.
  7. Lawrence, G.H.M. 1951. Taxonomy of Vascular Plants. New York: John Wiley and Sons.
  8. Lengkong, H.N, Alicia A.E.S, dan Arie S.M.L. 2015. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps (E-journal Teknik Elektro dan Komputer). Manado: UNSRAT.
  9. Mehdipour, Y. dan Zarehkafi, H. 2013. Mobile Learning for Education: Benefits and Challenges. International Journal of Computational Engineering Research, 2 (6).
  10. Park, Y. 2011. Pedagogical Framework for Mobile Learning: Categorizing Educational Applications of Mobile Technologies in Four Types. International Review of Research in Open and Distance Learning. 12 (2).
  11. Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  12. Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  13. Sa’diyati, Feri. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Materi Jamur Berbasis Kinerja Siswa. Semarang: UNS.
  14. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  15. Tjitrosoepomo, G. 1991. Taksonomi Umum; Dasar-Dasar Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: UGM Press.
  16. Ulviani, Yemi. 2017. Pengembangan LKS Berdasarkan Identifikasi Tumbuhan Paku Epifit pada Batang Kelapa Sawit. DIKLABIO Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi.
  17. Widoyoko, E.P. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  18. Wulandari, S, Muliani A, dan Hamzah. 2018. Pengaruh Media Berbasis Lingkungan Terhadap hasil Belajar Murid Kelas V SD Inpres Kurunkung. Makassar: Universitas Muhammadiyyah Makassar.