Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan studi identifikasi obat desa Cahaya Negeri Kabupaten Rejang Lebong berdasarkan uji validasi LKPD dan uji keterbacaan pada peserta didik kelas X MIA 2 SMAN 09 Rejang Lebong. Materi pelajaran yang dikembangkan dalam LKPD ini adalah materi keanekaragaman hayati Sub Bab manfaat keanekaragaman hayati sebagai bahan obat. Penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk LKPD, validasi desain, revisi desain dan uji keterbacaan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi lapangan, lembar wawancara, lembar angket validasi. Berdasarkan penelitian diperoleh data bahwa terdapat 74 jenis tanaman obat yang terbagi menjadi 38 famili tanaman. Penggunaan LKPD dalam pembelajaran dikatakan “Layak” dengan hasil validasi rata-rata 92 % dengan kriteria “sangat valid” dan hasil uji keterbacaan mendapatkan rata-rata nilai 95% dengan kriteria ‘’sangat layak’’. Dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan judul keanekaragaman jenis tumbuhan obat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : LKPD, Tumbuhan Obat, Uji Keterbacaan
Article Details
Copyright (c) 2020 Satria Nugeraha M, Yennita Yennita, Ariefa Primair Yani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Starting from Volume 6 Issue 1, the copyright holder of the article is the author
The Journal allows the author (s) to hold the copyright without restriction.
The Jurnal allows the author (s) to retain publishing rights without restriction.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms
References
- Fajri, Aziza. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2) : 52-57.
- Handini, M.N. 2018. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Serawai Sebagai Pengembangan Handout Biologi Kelas X SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Biologi2 (2) : 35-43. (Online).
- Herbie, Tandi. 2015. Kitab Tanaman Berkhasiat Obat-226 Tumbuhan Obat untuk Penyembuhan Penyakit dan Kebugaran Tubuh. Yogyakarta: Octopus Publishing House.
- Hidayat,R.S dan Napitupulu, R. M .2008.Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta:Agriflo.
- Kumalasari, L.O.R.( 2006). Pemanfaatan Obat Tradisional dengan Pertimbangan Manfaat dan Keamanannya. Majalah Ilmu Kefarmasian. 111 (1): 01-07.
- Listari, Monica Descika,. Yani, Ariefa Primair,. dan Yennita. 2019. Implementasi LKPD Berdasarkan Eksplorasi Tanaman Obat Suku Pekal di SMA 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 3(1) : 49-58
- Majid,Abdul.2009. Perencanaan Pembelajaran .Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
- Prastowo,Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
- Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suwarjo.2013. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: UNY.
- Situmorang, Toberni S.Dkk,(2018). Raya Huluan Kabupaten Simalungun Study the Utilization of Medicinal Plants in Ethnic Communities
- Simalungun in Raya Village Raya Bayu and Raya. Vol 4(2).
- Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
- Tivani, I., Paidi. 2016. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan 2(1): 35-45.
- Uniati, Orin,. Jumiarni Dewi,. Yani, Ariefa Primair. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Jenis Tanaman di Green Chemistry Dan Kebun Biologi Universitas Bengkulu Univesitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 3(1) : 18-24
References
Fajri, Aziza. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Vertebrata Kelas X Berdasarkan Inventarisasi Ikan Laut. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (2) : 52-57.
Handini, M.N. 2018. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Serawai Sebagai Pengembangan Handout Biologi Kelas X SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Biologi2 (2) : 35-43. (Online).
Herbie, Tandi. 2015. Kitab Tanaman Berkhasiat Obat-226 Tumbuhan Obat untuk Penyembuhan Penyakit dan Kebugaran Tubuh. Yogyakarta: Octopus Publishing House.
Hidayat,R.S dan Napitupulu, R. M .2008.Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta:Agriflo.
Kumalasari, L.O.R.( 2006). Pemanfaatan Obat Tradisional dengan Pertimbangan Manfaat dan Keamanannya. Majalah Ilmu Kefarmasian. 111 (1): 01-07.
Listari, Monica Descika,. Yani, Ariefa Primair,. dan Yennita. 2019. Implementasi LKPD Berdasarkan Eksplorasi Tanaman Obat Suku Pekal di SMA 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 3(1) : 49-58
Majid,Abdul.2009. Perencanaan Pembelajaran .Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo,Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarjo.2013. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: UNY.
Situmorang, Toberni S.Dkk,(2018). Raya Huluan Kabupaten Simalungun Study the Utilization of Medicinal Plants in Ethnic Communities
Simalungun in Raya Village Raya Bayu and Raya. Vol 4(2).
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tivani, I., Paidi. 2016. Pengembangan LKS Biologi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan 2(1): 35-45.
Uniati, Orin,. Jumiarni Dewi,. Yani, Ariefa Primair. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Jenis Tanaman di Green Chemistry Dan Kebun Biologi Universitas Bengkulu Univesitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. Vol 3(1) : 18-24