Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas mengajar guru dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas VIIIB SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Hasil dari penelitian didapatkan data bahwa pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 55 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 58 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar peserta didik diperoleh skor rata-rata yaitu 55 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar peserta didik menjadi 59 (Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Aktivitas Peserta Didik, Aktivitas Mengajar Guru

Article Details

How to Cite
Zulianda, V., Irawati, S., & Yennita, Y. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 74–82. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.74-82

References

  1. Arifah, dkk. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
  2. Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Dewi, N.L. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal pendidikan dasar Indonesia. 3 (1): 1-10. (online). http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/512, diakses tanggal 24 juli 2019
  4. Elsje, T. 2010. meningkatkan kemampuan kerjasama belajar biologi melalui penerapan strategi Inkuiri Terbimbing pada peserta didikkelas VII SMP Negeri vi kota samarinda. Jurnal Universitas Mulawarman Kalimantan Timur. 2 (1): 1-13. (online). http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/197, diakses tanggal 25 juli 2019
  5. Hanafiah, N., & Suhana, C. 2010. Konsep strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
  6. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  7. Jihad, A., & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogayakarta: Multi Pressido
  8. Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  9. Mansur. 2015. Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi. Sulawesi Selatan: Widyaiswara LPMP
  10. Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
  11. Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
  12. Peraturan Mendikbud Nomor 22 Tahun 2014. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (Salinan)
  13. Sasmita, P.R. 2017. Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media KIT Fisika: Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal ilmiah pendidikan Fisika. 6 (1): 1-8. (online). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albiruni/article/view/599
  14. Setiowati. H, ANC Saputro. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilengkapi LKS untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA SMAN 1 Banyudono pada materi pokok kelarutan. Jurnal Pendidikan. 2(1): 1-12.(online),https://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/download/6886/4833. Diakses tanggal 23 Juli 2019
  15. Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  16. Suyono dan Hriyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
  17. Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group
  18. Ulansari, P.T. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi