Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Sain Peternakan Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN NASKAH/ARTIKEL
JURNAL SAIN PETERNAKAN INDONESIA

 

  1. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, memuat tulisan/karya ilmiah dalam bidang Ilmu Peternakan. Manuskrip dapat berupa hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapang dan gagasan. Naskah harus asli (belum pernah diterbitkan) menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun yaitu Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember.
  2. Naskah atau artikel dikirim dalam soft copy file Microsoft Word, melalui sistem online dengan cara mendaftar terlebih dahulu pada alamat https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jspi/user/register dan melalui E-mail jspi@unib.ac.id, diketik menggunakan ukuran kertas A4, fontasi Times New Roman berukuran 12 kecuali abstrak dan tabel dengan ukuran fontasi 10, margin kiri dan kanan 2,5 cm, margin atas dan bawah 2,5 cm. Ditulis dalam spasi 2 (untuk proses review) dan jumlah halaman seluruhnya tidak lebih dari 15 halaman.
  3. Tabel berformat Excel, Gambar berformat JPEG, Grafik dan sejenisnya diletakkan kedalam naskah teks.
  4. Naskah Asli/Artikel asli harus diselaraskan dalam judul (dalam bahasa Indonesia dan Inggris, pendahuluan, materi dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih dan daftar pustaka)
  5. JUDUL ditulis dalam bahasa Indonesia (font 13) dan bahasa Inggris (jika artikel berbahasa Indonesia, jika naskah dalam bahasa Inggris maka tidak perlu judul bahasa Indonesia, font 12), jumlah kata tidak melebihi dari 15 (lima belas) kata. Nama penulis, Institusi dan alamat, termasuk email penulis ditulis dibawah judul.
  6. ABSTRACT, ditulis dalam bahasa Inggris, singkat dan padat serta dibawahnya dituliskan Key words atau Kata kunci 4-6 kata. Jumlah kata dalam Abstract tidak lebih dari 200 kata dengan 1 spasi.
  7. ABSTRAK, ditulis dalam bahasa Indonesia, singkat dan padat serta di bawahnya ditulis Kata kunci. Jumlah kata dalam Abstract tidak lebih dari 200 kata 1 spasi.
  8. PENDAHULUAN, memuat latar belakang penelitian berdasarkan bahan pustaka yang relevan, tujuan dan hipotesis penelitian (hipotesis tidak diperlukan dalam telaah/ tinjauan pustaka).
  9. MATERI DAN METODE, memuat materi dan metode yang digunakan dalam kajian secara rinci dan singkat serta analisis statistik yang digunakan.
  10. HASIL DAN PEMBAHASAN, memuat hasil penelitian yang berupa ulasan, tabel atau grafik. Pembahasan memuat diskusi hasil penelitian yang dirujuk dengan bahan pustaka yang relevan dan telah termuat dalam pendahuluan.
  11. KESIMPULAN, memuat kesimpulan atas hasil dan pembahasan secara singkat dan padat dan tidak boleh lebih dari satu alenia.
  12. SARAN, memuat saran - saran atau masukan yang perlu disampaikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.
  13. DAFTAR PUSTAKA, disusun dengan memuat nama berdasarkan abjad, tahun, judul, Penerbit, Kota, halaman tanpa nomor urut. Memuat minimal 7 (tujuh) buah jurnal ilmiah.

 

Contoh penulisaan daftar pustaka :

 

Antalikova, J., M. Baranovska, I. Mravcova, V. Sabo and P. Skrobanek. 2001. Different Influence of Hypodynamy on Calcium and Phosphorus Levels in Bones of Male and Female Japanese Quails. http://www.biomed.cas.cz/physiolres. 20 April 2001.

Fenita, Y., I. Badarina, dan E. Tamsar. 2005. Uji kerusakan lemak ransum ayam petelur yang menggunakan minyak ikan lemuru (Sardinella longiceps) dengan penambahan bawang putih sebagai antioksidan alami selama penyimpanan. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan, 8 (4) :45-48.

 

CATATAN:
Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember). Naskah dapat dikirim melalui laman https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jspi/user/register dengan cara mendaftar sebagai penulis terlebih dahulu dan email: jsainpet@gmail.com ; jspi@unib.ac.id.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah atau artikel dikirim dalam soft copy file Microsoft Word, diketik menggunakan ukuran kertas A4, fontasi Times New Roman berukuran 12 kecuali abstrak dan tabel dengan ukuran fontasi 10, margin kiri dan kanan 2,5 cm, margin atas dan bawah 2,5 cm. Ditulis dalam spasi 2 (untuk proses review) dan jumlah halaman seluruhnya tidak lebih dari 15 halaman.
  2. Naskah Asli/Artikel asli harus diselaraskan dalam judul (dalam bahasa Indonesia dan Inggris, pendahuluan, materi dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih dan daftar pustaka)

  3. Tabel berformat Excel, Gambar berformat JPEG, Grafik dan sejenisnya diletakkan kedalam naskah teks.
  4. JUDUL ditulis dalam bahasa Indonesia (font 13 bold) dan bahasa Inggris (jika artikel berbahasa Indonesia, jika naskah dalam bahasa Inggris maka tidak perlu judul bahasa Indonesia, font 12), jumlah kata tidak melebihi dari 15 (lima belas) kata. Nama penulis, Institusi dan alamat, termasuk email penulis ditulis dibawah judul.


  5. ABSTRACT, ditulis dalam bahasa Inggris, singkat dan padat serta dibawahnya dituliskan Key words atau Kata kunci 4-6 kata. Jumlah kata dalam Abstract tidak lebih dari 200 kata dengan 1 spasi.
    ABSTRAK, ditulis dalam bahasa Indonesia, singkat dan padat serta di bawahnya ditulis Kata kunci. Jumlah kata dalam Abstract tidak lebih dari 200 kata 1 spasi.
  6. PENDAHULUAN, memuat latar belakang penelitian berdasarkan bahan pustaka yang relevan, tujuan dan hipotesis penelitian (hipotesis tidak diperlukan dalam telaah/ tinjauan pustaka).
    MATERI DAN METODE, memuat materi dan metode yang digunakan dalam kajian secara rinci dan singkat serta analisis statistik yang digunakan.
    HASIL DAN PEMBAHASAN, memuat hasil penelitian yang berupa ulasan, tabel atau grafik. Pembahasan memuat diskusi hasil penelitian yang dirujuk dengan bahan pustaka yang relevan dan telah termuat dalam pendahuluan.
  7. KESIMPULAN, memuat kesimpulan atas hasil dan pembahasan secara singkat dan padat dan tidak boleh lebih dari satu alenia.
    SARAN, memuat saran - saran atau masukan yang perlu disampaikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.
    DAFTAR PUSTAKA, disusun dengan memuat nama berdasarkan abjad, tahun, judul, Penerbit, Kota, halaman tanpa nomor urut. Memuat minimal 7 (tujuh) buah jurnal ilmiah.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.