Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara tingkat emosi orang tua dengan aktivitas belajar pada pembelajaran daring studi anak kelompok B Se Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu. Jenis penelitian ini adalah penlitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua di Pendidikan anak usia dini se-gugus kembang sepatu kecamatan muara bangkahulu dengan jumlah 91 orang tua. Sampel dalam penelitian ini sebanya 75 orang tua yang hanya mendampingi anak belajar daring. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat emosi orang tua dengan aktivitas belajar pada pembelajaran daring. Hal ini ditunjukkan dari nilai r xy sebesar 0,085 dan uji t memiliki nilai signifikansi -0,117 < 0,05 maka tidak terdapat hubungan yang signifikan. Jadi kesimpulanya Ha ditolak sedangkan Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat emosi dengan aktivitas belajar pada pembelajaran daring berada pada kategori sangat rendah.

Keywords

Emosi Orang Tua Aktivitas Belajar Pembelajaran Daring

Article Details

How to Cite
Handayani, F., Saparahayuningsih, S., & Delrefi, D. (2021). Hubungan Antara Tingkat Emosi Orang Tua Dengan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 35–43. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.17773

References

  1. Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. In Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Deepublish.
  2. Fadhillah, H. (2016). Pengaruh Membaca Alquran Terhadap Kestabilan Emosi Siswa Kelas Xi Sma It Abu Bakar Yogyakarta. June.
  3. Hanief & Himawanto. (2017). Statistik Pendidikan. Deepublish.
  4. Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(9), 21–25. Http://Www.Elsevier.Com/Locate/Scp
  5. Pranita, E. (2020). Orangtua Aniaya Anak Karena Tak Paham Saat Belajar Daring.
  6. Raihana. (2020). Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(4), 132–139.
  7. Rintayati, P., & Putro, S. P. (2011). Meningkatkan Aktivitas Belajar( Active Learning ) Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan (Stm).
  8. Rintayati, P., & Putro, S. P. (2012). Meningkatkan Aktivitas Belajar (Active Learning) Siswa Berkarakter Cerdas Dengan Pendekatan Sains Teknologi (Stm). Didaktika Dwija Indria, 1(2).
  9. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
  10. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Pt Alfabet.