Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran motorik halus pada masa pandemi covid-19 se-gugus Kembang Sepatu Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskripstif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling  dengan jumlah populasi dan sampel penelitian sebanyak 24 orang guru kelas yang mengajar di PAUD se-gugus Kembang Sepatu Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus persentase. Hasil kendala Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Motorik Halus Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD se-gugus Kembang Sepatu kota Bengkulu berada pada kategori tinggi, artinya guru PAUD se-gugus Kembang  Sepatu kota Bengkulu kerap mengalami kendala dalam perencanaan dan pelaksanaan Pembelajaran Motorik Halus secara daring. Seperti guru kerap mengalami kendala dalam tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, rancangan kegiatan, merancang media pembelajaran, merancang penilaian secara daring. Guru kerap mengalami kendala dalam melakukan pelaksanaan pembelajaran motorik halus secara daring, seperti guru kerap mengalami kendala dalam kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk mengusai keterampilan untuk membuat RPPH sesuai dengan pedoman yang ada, guru lebih harus untuk mempersiapkan diri dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan untuk menghadapi pembelajaran secara daring. seperti guru kerap mengalami kendala dalam menetukan tujuan pembelajaran guru harus memahami bahwa tujuan pembelajaran itu diambil KI dan KD.

Keywords

perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran motorik halus kendala guru covid-19

Article Details

How to Cite
Afrianti, R., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, W. (2021). Kendala Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Motorik Halus Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.17848

References

  1. Anugrah. A, (2020) Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid -19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10, No. 3, September 2020: 282-289. https://doi.org/45.9905/jga.v4i081.9997
  2. Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Volume 1 Issue 2 (2017) Pages 111 – 117, ISSN 2356-1327 (Media Cetak) ISSN 2549-8959 (Media Online). https://doi.org/098/jga.656wu081
  4. Ayu Husniyatul Laily. (n.d.). Meningkatkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Tahun Di TK Putra Harapan Jakarta:Intan Syahada
  5. Jaya. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  6. MS, Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas,Dirjen Dikti
  7. Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. Vol5(2), ISSN 1313–1324. Journal Obsesi https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849
  8. Rakimahwati, Lestari.N. A, Hartati. S, (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 2 No 1 (2018) Page 102 – 110, ISSN 2356-1327 (Media Cetak), ISSN 2549-8959 (Media Online). https://doi.org/19864/obsesi.v5i2.3219
  9. Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
  10. Sugiyono, P. D. (2007). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
  11. Titi at all. (2020). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Masa Covid 19. Jurnal Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG, September, 219–226. Vol.6 Issue 4, ISSN :2317-5437.