Main Article Content

Abstract

Saat ini seluruh wilayah Indonesia sedang mengalami kondisi pandemi parah yang melanda segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Sistem pendidikan yang biasanya tatap muka harus online, yang memaksa siswa dengan staf pengajar untuk melaksanakan proses pembelajaran dari rumah. Dengan pembelajaran berbasis online, guru dan siswa dapat memanfaatkan platform berbasis pembelajaran online, seperti Google Classroom, untuk menerapkan Self-Directed Learning (SDL), dimana terdapat penyesuaian Bentuk penelitian memakai metode Pra-eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Artikel ini bertujuan untuk mengaplikasikan Self-Directed Learning (SDL) dalam pembelajaran fisika SMA berbasis online pada mata pelajaran Hukum Newton. Dalam melakukan analisis data menggunakan teknik analisis keterlaksanaan proses pembelajaran, uji normalitas, uji paired sample t test, uji n-gain. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan yaitu hasil penerapan Self-Directed Learning (SDL) dapat dilakukan secara praktis dan dikategorikan sangat baik. Penerapan SDL mampu meningkatkan kemampuan kognitif siwa dalam pembelajaran fisika berbasis online untuk materi Hukum Newton.

Article Details

How to Cite
Permatasari, S. A., & Anggaryani, M. (2021). Penerapan Self-Directed Learning (SDL) dalam Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Daring Pada Pokok Bhasan Hukum Newton. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 403–411. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.403-411

References

  1. Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.
  2. Aziza, Lilik Fadlilatin. (2012). Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Directed Learning pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabya. Skripsi. Surabaya: Institute Agama Islam Negeri Sunan Ampel.
  3. Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).
  4. Gunawan, Sunarman. (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340-348.
  5. Hardiyana, A. (2015). Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon: SMA Negeri 1 Losari.
  6. Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTPJurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
  7. Ipmawati, Sufi (2012). Keefektifan Metode Pembelajaran Resitasi Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Muntilan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
  8. Jogiyanto. (2005). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman. Yogyakarta: BPFE
  9. Keputusan Presiden. (2020). Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
  10. Kirkman, S., Coughlin, K., & Kromrey, J. (2007). Correlates of satisfaction and success in self-directed learning: relationships with school experience, course format, and internet use. International Journal of Self-Directed Learning, 4(1), 39-52.
  11. Mahadini. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2).
  12. Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19)
  13. Palacios, A. Gascon, G. (2010). Self-Regulated Learning Environments. Attitude as Antecedent variable, ICERI2010 Proceedings, 1678-1686.
  14. Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119-135.
  15. Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1.
  16. Suhery, Putra, T. J., Jasmalida. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3).
  17. Sun, L., Tang, Y., Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 9, 687.
  18. Sutrisno. (2006). Fisika dan Pembelajaranya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
  19. Vega, N. D., dan Arifin. (2016). Penerapan Self Directed E-Learning Pada Keterampilan Menyimak the Implementation of Self Directed E-Learning of Listening Skill. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 7(2), 107-118.
  20. Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM, 47(5).
  21. Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19: Immediate Responses and LongTerm Visions.