Main Article Content
Abstract
Usia dini merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan salah satu perkembangan anak seperti kemampuan bahasa, khususnya dalam Bahasa Inggris. Dengan tujuan agar anak dapat bersaing di dunia global ketika mereka beranjak dewasa. Akan tetapi, permasalahan yang terjadi di lapangan, Bahasa Inggris jarang diajarkan sebagai pengantar keterampilan bahasa mereka, karena kurangnya pengetahuan guru tentang metode pembelajaran Bahasa Inggris yang tepat untuk anak. Akan tetapi, ada salah satu Taman Kanak-kanak yang menggunakan metode di dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini di dalam keterampilan pengucapan kata dalam Bahasa Inggris yaitu melalui metode gerak dan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan dari metode gerak dan lagu di salah satu Taman Kanak-kanak di Banjarmasin tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi metode gerak dan lagu dalam belajar keterampilan berbahasa Inggris. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa metode gerak dan lagu sangat memberikan manfaat untuk anak di dalam motivasi (rasa ingin tahu anak tinggi dan antusias), keterampilan speaking di dalam Bahasa Inggris (anak dapat mengingat kata dalam Bahasa Inggris melalui lagu), motorik anak dan kerjasama (anak dengan gembira bernyanyi sambil bergerak). Penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dalam upaya menciptakan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adhani, D. N. (2002). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. PG-PAUD Trunojoyo, 3(2).
- Aida, S., & Suprapti, A. (2018). No Title. 3(2), 56–63.
- Aisyah Puspita Sari, M. Nasirun, A. S. (2017). PENERAPAN MEDIA TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI (Penelitian Tindakan Kelas Anak Kelompok B2 Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu) Aisyah Puspita Sari. 2(2), 126–130.
- Al-harbi, S. S. (2019). Language Development and Acquisition in Early Childhood. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 69–73. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.14209
- Albaladejo Albaladejo, S., Coyle, Y., & de Larios, J. R. (2018). Songs, stories, and vocabulary acquisition in preschool learners of English as a foreign language. System, 76, 116–128. https://doi.org/10.1016/j.system.2018.05.002
- Gusrayani. (2014). Teaching English to Young Learners (Sebuah Telaah Konsep Mengajar Bahasa Inggris Kepada Anak-anak). Bandung: UPI Press.
- Hammerby, H. (n.d.). Synthesis in Second Language Teaching. Blane: Second Language. Blane: Second Language.
- Kelompok, B., Assalam, P., Bangkahulu, M., & Bengkulu, K. (2018). Delrefi D. 3(1), 11–17.
- Mashburn, A. J., Pianta, R. C., Hamre, B. K., Downer, J. T., Barbarin, O. A., Bryant, D., Burchinal, M., Early, D. M., & Howes, C. (2008). Measures of Classroom Quality in Prekindergarten and Children’s Development of Academic, Language, and Social Skills. Https://Doi.Org/10.1111/j.1467-8624.2008.01154.X, 79(3), 732–749.
- Millington, N. T. (2011). Using Songs Effectively to Teach English to Young Learners. Language Education in Asia, 2(1), 134–141. https://doi.org/10.5746/leia/11/v2/i1/a11/millington
- Muliawan, J. U. (2017). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
- Muti’ah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
- Ngadimun, Purwanti, R., Suriansyah, A., & Maimunah. (2019). Empowerment of “english club” to influence students achievement in speaking. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 204–216.
- Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
- Nurjanah, ayu putri, & Anggraini, G. (2020). Accepted: January 31. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7
- Paquette, K. R., & Rieg, S. A. (2008). Using music to support the literacy development of young english language learners. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-008-0277-9
- Pura, D. N. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.
- Putra, N & Dwilestari, N. (2013). Penelitian Kualitatif PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Press.
- Rachmi, Yusrafiddin, Purnomo, Sopandi, Agus, D. (2009). Ketrampilan Musik & Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Rishantie, S. A. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melaui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers.
- Sari, E. M. (2016). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui lirik lagu. Indonesia, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21
- Seefelt, W. &. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.
- Shen, C. (2009). Using English Songs: an Enjoyable and Effective Approach to ELTUsing English Songs: an Enjoyable and Effective Approach to ELT. English Language Teaching, 2(1), 88–94. https://doi.org/10.5539/elt.v2n1p88
- Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV. Alfabeta.
- Sujiyono YN. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
- Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120.
- Suriansyah & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes.
- Suriansyah, A., & . A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828
- Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Suyadi, M. ulfah dan. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Suyanto, K. (2008). English For Young Learners. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Syafei. (2016). Teaching English to Indonesian Young Learners (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.
- Wiyani, Novan A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Pendidik PAUD Dalam Memahami serta mendidik Anak Usia Dini. Gava media.
- Wiyani, Novan Ardy. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Pendidik PAUD Dalam Memahami serta mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
- Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Media Group.
- Yus, A. (2014). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.
- Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Zahro, I. F. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
- Zubaidah, E. (2004). PERKEMBANGAN BAHASAANAK USIA•DINI DAN TEK1aKPENGEMBANGANNYADISEKOLAH. Cakrawala Pendidikan, XXII(3), 459–479.
References
Adhani, D. N. (2002). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. PG-PAUD Trunojoyo, 3(2).
Aida, S., & Suprapti, A. (2018). No Title. 3(2), 56–63.
Aisyah Puspita Sari, M. Nasirun, A. S. (2017). PENERAPAN MEDIA TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI (Penelitian Tindakan Kelas Anak Kelompok B2 Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu) Aisyah Puspita Sari. 2(2), 126–130.
Al-harbi, S. S. (2019). Language Development and Acquisition in Early Childhood. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 69–73. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.14209
Albaladejo Albaladejo, S., Coyle, Y., & de Larios, J. R. (2018). Songs, stories, and vocabulary acquisition in preschool learners of English as a foreign language. System, 76, 116–128. https://doi.org/10.1016/j.system.2018.05.002
Gusrayani. (2014). Teaching English to Young Learners (Sebuah Telaah Konsep Mengajar Bahasa Inggris Kepada Anak-anak). Bandung: UPI Press.
Hammerby, H. (n.d.). Synthesis in Second Language Teaching. Blane: Second Language. Blane: Second Language.
Kelompok, B., Assalam, P., Bangkahulu, M., & Bengkulu, K. (2018). Delrefi D. 3(1), 11–17.
Mashburn, A. J., Pianta, R. C., Hamre, B. K., Downer, J. T., Barbarin, O. A., Bryant, D., Burchinal, M., Early, D. M., & Howes, C. (2008). Measures of Classroom Quality in Prekindergarten and Children’s Development of Academic, Language, and Social Skills. Https://Doi.Org/10.1111/j.1467-8624.2008.01154.X, 79(3), 732–749.
Millington, N. T. (2011). Using Songs Effectively to Teach English to Young Learners. Language Education in Asia, 2(1), 134–141. https://doi.org/10.5746/leia/11/v2/i1/a11/millington
Muliawan, J. U. (2017). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Muti’ah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Ngadimun, Purwanti, R., Suriansyah, A., & Maimunah. (2019). Empowerment of “english club” to influence students achievement in speaking. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 204–216.
Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Nurjanah, ayu putri, & Anggraini, G. (2020). Accepted: January 31. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7
Paquette, K. R., & Rieg, S. A. (2008). Using music to support the literacy development of young english language learners. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-008-0277-9
Pura, D. N. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.
Putra, N & Dwilestari, N. (2013). Penelitian Kualitatif PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Press.
Rachmi, Yusrafiddin, Purnomo, Sopandi, Agus, D. (2009). Ketrampilan Musik & Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rishantie, S. A. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melaui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers.
Sari, E. M. (2016). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui lirik lagu. Indonesia, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21
Seefelt, W. &. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.
Shen, C. (2009). Using English Songs: an Enjoyable and Effective Approach to ELTUsing English Songs: an Enjoyable and Effective Approach to ELT. English Language Teaching, 2(1), 88–94. https://doi.org/10.5539/elt.v2n1p88
Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujiyono YN. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120.
Suriansyah & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes.
Suriansyah, A., & . A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyadi, M. ulfah dan. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, K. (2008). English For Young Learners. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syafei. (2016). Teaching English to Indonesian Young Learners (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.
Wiyani, Novan A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Pendidik PAUD Dalam Memahami serta mendidik Anak Usia Dini. Gava media.
Wiyani, Novan Ardy. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Pendidik PAUD Dalam Memahami serta mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Media Group.
Yus, A. (2014). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.
Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zahro, I. F. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
Zubaidah, E. (2004). PERKEMBANGAN BAHASAANAK USIA•DINI DAN TEK1aKPENGEMBANGANNYADISEKOLAH. Cakrawala Pendidikan, XXII(3), 459–479.