Main Article Content

Abstract

Usia dini merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan salah satu perkembangan anak seperti kemampuan bahasa, khususnya dalam Bahasa Inggris. Dengan tujuan agar anak dapat bersaing di dunia global ketika mereka beranjak dewasa. Akan tetapi, permasalahan yang terjadi di lapangan, Bahasa Inggris jarang diajarkan sebagai pengantar keterampilan bahasa mereka, karena kurangnya pengetahuan guru tentang metode pembelajaran Bahasa Inggris yang tepat untuk anak. Akan tetapi, ada salah satu Taman Kanak-kanak yang menggunakan metode di dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini di dalam keterampilan pengucapan kata dalam Bahasa Inggris yaitu melalui metode gerak dan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan dari metode gerak dan lagu di salah satu Taman Kanak-kanak di Banjarmasin tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi metode gerak dan lagu dalam belajar keterampilan berbahasa Inggris. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa metode gerak dan lagu sangat memberikan manfaat untuk anak di dalam motivasi (rasa ingin tahu anak tinggi dan antusias), keterampilan speaking di dalam Bahasa Inggris (anak dapat mengingat kata dalam Bahasa Inggris melalui lagu), motorik anak dan kerjasama (anak dengan gembira bernyanyi sambil bergerak). Penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dalam upaya menciptakan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.

Article Details

Author Biography

Ratna Purwanti, Universitas Lambung Mangkurat

PG PAUD FKIP UNiversitas Lambung Mangkurat
How to Cite
Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 91–105. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%p

References

  1. Adhani, D. N. (2002). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. PG-PAUD Trunojoyo, 3(2).
  2. Aida, S., & Suprapti, A. (2018). No Title. 3(2), 56–63.
  3. Aisyah Puspita Sari, M. Nasirun, A. S. (2017). PENERAPAN MEDIA TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI (Penelitian Tindakan Kelas Anak Kelompok B2 Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu) Aisyah Puspita Sari. 2(2), 126–130.
  4. Al-harbi, S. S. (2019). Language Development and Acquisition in Early Childhood. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 69–73. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.14209
  5. Albaladejo Albaladejo, S., Coyle, Y., & de Larios, J. R. (2018). Songs, stories, and vocabulary acquisition in preschool learners of English as a foreign language. System, 76, 116–128. https://doi.org/10.1016/j.system.2018.05.002
  6. Gusrayani. (2014). Teaching English to Young Learners (Sebuah Telaah Konsep Mengajar Bahasa Inggris Kepada Anak-anak). Bandung: UPI Press.
  7. Hammerby, H. (n.d.). Synthesis in Second Language Teaching. Blane: Second Language. Blane: Second Language.
  8. Kelompok, B., Assalam, P., Bangkahulu, M., & Bengkulu, K. (2018). Delrefi D. 3(1), 11–17.
  9. Mashburn, A. J., Pianta, R. C., Hamre, B. K., Downer, J. T., Barbarin, O. A., Bryant, D., Burchinal, M., Early, D. M., & Howes, C. (2008). Measures of Classroom Quality in Prekindergarten and Children’s Development of Academic, Language, and Social Skills. Https://Doi.Org/10.1111/j.1467-8624.2008.01154.X, 79(3), 732–749.
  10. Millington, N. T. (2011). Using Songs Effectively to Teach English to Young Learners. Language Education in Asia, 2(1), 134–141. https://doi.org/10.5746/leia/11/v2/i1/a11/millington
  11. Muliawan, J. U. (2017). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
  12. Muti’ah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
  13. Ngadimun, Purwanti, R., Suriansyah, A., & Maimunah. (2019). Empowerment of “english club” to influence students achievement in speaking. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 204–216.
  14. Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
  15. Nurjanah, ayu putri, & Anggraini, G. (2020). Accepted: January 31. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7
  16. Paquette, K. R., & Rieg, S. A. (2008). Using music to support the literacy development of young english language learners. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-008-0277-9
  17. Pura, D. N. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.
  18. Putra, N & Dwilestari, N. (2013). Penelitian Kualitatif PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Press.
  19. Rachmi, Yusrafiddin, Purnomo, Sopandi, Agus, D. (2009). Ketrampilan Musik & Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.
  20. Rishantie, S. A. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melaui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  21. Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers.
  22. Sari, E. M. (2016). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui lirik lagu. Indonesia, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  23. Sari, M. P., Saparahayuningsih, S., & Indrawati, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Berbantuan Media Audio Visual Pada Kelompok A PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.18-21
  24. Seefelt, W. &. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.
  25. Shen, C. (2009). Using English Songs: an Enjoyable and Effective Approach to ELTUsing English Songs: an Enjoyable and Effective Approach to ELT. English Language Teaching, 2(1), 88–94. https://doi.org/10.5539/elt.v2n1p88
  26. Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV. Alfabeta.
  27. Sujiyono YN. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
  28. Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120.
  29. Suriansyah & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes.
  30. Suriansyah, A., & . A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828
  31. Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  32. Suyadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  33. Suyadi, M. ulfah dan. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  34. Suyanto, K. (2008). English For Young Learners. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  35. Syafei. (2016). Teaching English to Indonesian Young Learners (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.
  36. Wiyani, Novan A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Pendidik PAUD Dalam Memahami serta mendidik Anak Usia Dini. Gava media.
  37. Wiyani, Novan Ardy. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Pendidik PAUD Dalam Memahami serta mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
  38. Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Media Group.
  39. Yus, A. (2014). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.
  40. Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  41. Zahro, I. F. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
  42. Zubaidah, E. (2004). PERKEMBANGAN BAHASAANAK USIA•DINI DAN TEK1aKPENGEMBANGANNYADISEKOLAH. Cakrawala Pendidikan, XXII(3), 459–479.