Main Article Content

Abstract

Pengembangan sosial emosional di sekolah sangat penting dikarenakan anak usia dini dasar pertama pembentukan prilaku anak, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru pendidikan anak usia dini dengan pengembangan media LUTEM (Ludo tema). Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan pendidikan anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian menggunakan Research & Development (R & D) menurut Borg & Gall. Hasil dan temuan penelitian pada penelitian ini yaitu, diperoleh dari uji pakar pembelajaran anak usia dini sebesar 89.07% kemdian hasil uji ahli teknologi pembelajaran sebesar 87.34% dan uji ahli pengembangan sosial emosional 90.04 %. Dengan simpulan dari temuan bahwa pengembangan media LUTEM bisa dipakai untuk melihat perkembangan sosial emosional pada anak dengan cara membekali calon guru atau mahsiswa PG PAUD.

Article Details

How to Cite
Laiya, S. W. (2020). Pengembangan Media Lutem (Ludo Tema) Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 153–162. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%p

References

  1. Asmaun, P. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  2. Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1). Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/3351/1832.
  3. Erawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforcement secara Variatif pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kepahiang. Jurnal Ilmiah Potensia. 3 (1). Doi: https://doi.org/10.33369/jip.3.2.91-98
  4. Erviana, Y. (2018). Centered Learning Approach sebagai Media Pengembangan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Plus Mutiara Yogyakarta). Jurnal Paramurobi. 1(2). Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/download/532/332.
  5. Fadlillah, Muhammad, Khorida, Lilik Mualifatu. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Hapsari, Widyaning, Iftayani, Isna. (2016). Model Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Program Islamic Habituation. Jurnal Indigenous. 1(2). Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/viewFile/4456/3306.
  7. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
  8. Khotijah, I. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University. 2(2). Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/1100/668.
  9. Komala. (2015). Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini mellaui Pola Asuh Orang Tua dan Guru. Tunas Siliwangi. 1(1). Doi: https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p31-45.90.
  10. Latif, M., Zulkhairina, Z. R., & Muhammad Afandi. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  11. Nasution, R. A. (2017). Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah. 2(2). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/267075533.pdf.
  12. Prima, E., L., P.. (2018). The Improvement of The Discipline for Early Childhood Through Token Economy Technique. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2). Doi: 10.31004/obsesi.v2i2.124.
  13. Rochimi, I. F., Suismanto. (2018). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 3(4). Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/download/231-246/1593.
  14. Salahudin, A. & Irwanto Alkrienciehie. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
  15. Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
  16. Suryadi. (2006). Kiat Jitu Dalam Mendidik Anak: Berbagai Masalah Pendidikan dan Psikologi. Jakarta: Edsa Mahkota.
  17. Trinova, Z.. (2013). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ta’lim. 1(4). Retrieved from http://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/viewFile/28/36.
  18. Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 151-160. doi:https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160.
  19. Wantah, M.J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
  20. Wiyani, N. A.. (2016). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media