Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kondisi pandemi akibat Covid 19. Peranan orang tua menjadi penentu dalam keberlangsungan keluarga terutama masalah anak. Tujuan penelitian ini untuk melihat peran orang tua dalam menerapkan perilaku 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak). Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan penerapan 3M pada anak usia dini. Objek penelitian adalah Orang Tua murid Labschool Kiddie Care. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang tua mengalami kendala saat memantau anak dalam menerapkan perilaku 3M. Kendalanya adalah anak-anak terkadang tidak menaati perintah orang tuanya dan tidak disiplin dalam menerapkan anjurannya. Selain itu pula orang tua pun terdapat ketidakdisiplinan dalam memantau anak. Meskipun demikian tidak terdapat kejadian penularan penyakit dalam penelitian. Sehingga bisa disimpulkan daya tahan tubuh orang tua dan dan anak telah tercapai

Article Details

How to Cite
Laiya, S. W., & Juniarti, Y. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Penerapan 3M pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 151–157. https://doi.org/10.33369/jip.6.2.151-157

References

  1. Anggraini, V. A., & Dkk. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Usia Sd/Mi Dalam Pembelajaran Online Di Saat Pandemi Covid-19. Pendidikan.
  2. Amalia, L., & Hiola, F. (2020). Analisis gejala klinis dan peningkatan kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 71–76.
  3. Forsythe, A., & Forsythe, A. (2019). Howard Gardner. In Key Thinkers in Individual Differences. https://doi.org/10.4324/9781351026505-21
  4. Hanifah, M., & Irambona, A. (2019). Authentic assessment: Evaluation and its application in science learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2). https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.4
  5. Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata: Hasil Riset Pendidikan Guru Anak Usia Dini.
  6. Juniarti, Y. (2015). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode kunjungan lapangan (field trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267–284. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3505
  7. Kemdikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.
  8. Kemdikbud RI. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Kemdikbud.Go.Id/, (Mei). Retrieved from http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id
  9. Kemenkes RI. (2020). Pedoman Perubahan Perilaku. Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19.
  10. Khalimah, N. (2021). Peran orang tua dalam pembelajaran daring di mi darul ulum pedurungan kota semarang tahun pelajaran 2020/2021 skripsi.
  11. Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
  12. Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295.
  13. Nurhalimah, N. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancing Dan Lockdown Untuk Mengatasi Wabah Covid-19 (Efforts to Defend the Country Through Social Distancing and Lockdown to Overcome the COVID-19 Plague). Available at SSRN 3576405.
  14. Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD.
  15. Ramadan, Gilang; Juniarti, Y. (2020). METODE PENELITIAN: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Sadari.
  16. Sembiring, R., & Suryani, D. E. (2020). Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Dengan Pembagian Masker Kesehatan Kepada Para Pedagang Dan …. Jurnal Abdimas Mutiara.
  17. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta
  18. Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
  19. Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45
  20. Wardhani, D. K., Susilorini, M. R., Angghita, L. J., & Ismail, A. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.33
  21. Yayan Alpian. (2021). Sosialisasi Peran Orang Tua Di Masa Pandemik Covid 19 Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Sekolah Dasar Desa Cikalongsari Karawang. Jurnal Buana Pengabdian, 2(2). https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v2i2.1278