Main Article Content

Abstract

Latar belakang peneliti melakukan penelitian tentang penggunaan gawai dan interaksi sosial adalah siswa yang menggunakan gawai lebih besar dibandingkan siswa yang tidak menggunakan gawai, siswa malas belajar, siswa malas bergerak, siswa menjadi pendiam, siswa suka menyendiri, siswa mengabaikan lingkungan sekitarnya dan lebih memilih bermain gawai dibandingkan bermain dengan teman-temannya, siswa suka meniru adegan yang ada di gawai tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan cara mewawancarai guru dan siswa sesuai dengan pedoman yang dibuat, setelah wawancara selesai maka peneliti melakukan observasi lapangan dengan melihat keadaan sebenarnya, kemudian hasil wawancara dan observasi disimpulkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kurang sopan dalam berbicara dan bersikap, siswa acuh tidak acuh terhadap proses pembelajaran di kelas, siswa jadi malas belajar, siswa kurang berinteraksi dengan temannya, siswa lebih banyak main game dari pada belajar, dan siswa menjadi pemalu. Berdasarkan hasil observasi di atas maka diperoleh jawaban pada observasi pertama yang menjawab “Ya” 3 orang dan menjawab “Tidak” 2 orang, observasi kedua yang menjawab “Ya” 4 orang dan menjawab “Tidak” 1 orang, dan observasi ketiga yang menjawab “Ya” 5 orang dan menjawab “Tidak” 0 orang

Article Details

How to Cite
Domitila, M. M., Wulandari, F., & Marhayani, D. A. (2021). Analisis Penggunaan Gawai Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah DasarNegeri Kota Singkawang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 131–141. https://doi.org/10.33369/jip.6.2.131-141

References

  1. Atikah, N. (2019). Penggunaan Gawai Di Kalangan Anak Sekolah (Studi Kasus di Desa Girilayu , Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar), 1–16. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/79520/1/naskah publikasi.pdf
  2. Harfiyanto, D. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gawai. Journei of Educational Social Studies, 04(1).
  3. Haryono, A. H. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
  4. Huda, M. (2016). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Irawan, & Dkk. (2013). Pengaruh Kegunaan Gawai Terhadap Kemampuan Bersosialisasi pada Remaja. Jurnal An-Nafs, 08(02).
  6. Kompas. 2019. “Kecanduan Game Online 8 Pelajar Dirawat di Rumah Sakit Jiwa”. (https://regional.kompas.com/read/2019/10/31/22112751/kecanduangame-online-8-pelajar-dirawat-di-rumah-sakit-jiwa1111914.54).
  7. Diakses pada: 22/07/2021.
  8. Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai.
  9. Santoso. (2010). Teori-teori Psikologis Sosial. Bandung: Refika Aditama.
  10. Sari, Tri P dan Mitsalia A. A. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi.Vol 13 Nomor 2. http://eprints.ums.ac.id. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2020.
  11. Setiyanti, Sri Wiranti. (2012). Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok). Jurnal STIE Semarang, Vol 4, Nomor 3, Edisi Oktober 2012 (ISSN : 2252-7826). https://scholar.google.co.id/. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2020.
  12. Solihat, C. M. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Kebersamaan dan Keberagaman. Universitas Pasundan Bandung.
  13. Sugiyo. (2010). Komunikasi Antar Pribadi (Social-Emosional-Development). Semarang: Unes Press.
  14. Sugiyono. (2014). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  15. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  16. Suhana, M. (2018). Influence Of Gawai Usage On Children’s Social-Emosional Development. Jurnal Advance in Social Science, Education and Humanitiesresearch (ASSEHR).
  17. Supriadi. (2013). Cara Mengajar Matematika untuk PGSD 1. Serang: Universitas Pendidikan Indonesia.
  18. Susrawan , I Nyoman Adi. (2015). Implikatur Percakapan dalam Komunikasi Antarsiswa di SMP N 1 Sawan Singaraja. Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol 5, Nomor 2. https://scholar.google.co.id. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2020.
  19. Wahyu. (2013). Hubungan Antara Interaksi Sosial dan Konsep Diri dengan Perilaku Reproduksi Sehat pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purworejo. Jurnal Pendidikan, 8(5).
  20. Widiawati, & Sugiman. (2014). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Daya Kembang Anak. Jurnal Pendidikan, 3(2).
  21. Winoto, Heru. (2013). Contoh riset teknologi. Jurnal Komunikasi. Vol 2 Nomor 3. http://komunikasi.us/index.php/course/1789-contohriset-teknologi-dan-komunikasi. Diakses pada tanggal 19 Juli 2020.