Main Article Content

Abstract

Pandemi covid-19 telah membuat sistem pendidikan mengalami perombakan yakni dengan melaksanakan pembelajaran secara online sebagai bentuk social distancing guna memutus mata rantai penyebaran virus. Namun, pembelajaran secara online sedikit menyulitkan pelaksanaan materi perkembangan motorik terutama bagi anak usia dini. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji tentang penggunaan media vlog dalam mengembangkan motorik anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Pengumpulan data mengunakan observasi dan wawancara mendalam serta didukung dengan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian berada di RA Nurul Hidayah Kalikajar Paiton Probolinggo. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media vlog yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas motorik seperti mewarnai, menggambar, menggunting, dan bisik berantai dapat mengembangkan kemampuan motorik anak. Dengan demikian, anak mampu dan berani menggunting, menggambar, mewarnai, melompat, berlari, melempar benda dengan baik. Selain itu, anak menjadi lebih fokus dalam belajar, lebih imajinatif, serta lebih mudah untuk menemukan minat anak. Animasi dan beragam gambar berwarna yang tedapat dalam vlog juga mampu memotivasi anak untuk belajar. Implikasi dari penggunaan media vlog memberikan kemudahan bagi guru dalam mengajar dan siswa dengan mudah mencerna materi.

Article Details

How to Cite
Mudarris, B., Rozi, F., & Islamiyah, N. (2022). Penggunaan Media Vlog dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.%p

References

  1. Adi, B. S., Sudaryanti, S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
  2. Adiasti, N. (2021). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 02(1), 101–110.
  3. Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219–234. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09
  4. Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610
  5. Dasriana, C., Suryiadi, D., & D, D. (2020). Kondisi Media Pembelajaran Di Lembaga PAUD Se-Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 65–73.
  6. Destiyani, J., Prasetyowati, D., & Purwadi. (2019). Analisis Perkembangan Motorik Anak Pada Usia 3-4 Tahun. Seminar Nasional PAUD 2019, 48–53.
  7. Firdaus, A., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Ritmik. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 25–39. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3543
  8. Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87
  9. Izzah, L., & Hadi, M. S. (2018). Pembelajaran Introduction To Linguistics Melalui Vlog. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR 4.0,” 191–198.
  10. Jannah, N. (2021). Pengembangan Kurikulum Terpadu Berbasis Pyramid of Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SDIT Al Uswah Pamekasan. As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan …, 33–48.
  11. Munawar, B. (2020). Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berupa Animasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. … Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(November 2020), 93–104.
  12. Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048.
  13. Nugraha, M. F., Sya, A., Sunaryo, Husen, A., Hendrawan, B., & Purwanto, A. (2021). Implementasi Media Video Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Terintegrasi IPA untuk Siswa Sekolah Dasar pada Platform Youtube. Naturalistik; Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 934–941.
  14. Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
  15. Oktavia, D., Bali, M., Rahman, H., Umar, U., Syakroni, A., & Widat, F. (2019). Exploration of Fine Motor Skills through the Application of Paint. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2284038
  16. Ramdlani, M., Najah, F., Azizah, N., Niswa, H., Abdillah, M., & Rozi, F. (2021). Distance Learning and Independent Learning of Students in Higher Education. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012177
  17. Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
  18. Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
  19. Rohmah, N. F., & Anshori, I. (2021). Media Sebagai Sarana Dakwah di Masa Pandemi. Jornal of Informatics and Vocational Education, 4(2), 48–62. https://doi.org/10.31219/osf.io/rfas3
  20. Safriyani, R., Wakhidah, E. W., & Supriyanto, C. (2021). Online Learning Strategies During Covid-19 in an Early Childhood Education. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3227
  21. Salim, Ikman, Suhar, Kodirun, Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). ( TRAINING OF BLOG DEVELOPMENT AS A MEDIUM IN VOCATIONAL LEARNING ) Jurnal Berdaya Mandiri. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336–344.
  22. Sola, M. E., Putu, G., Oka, A., Ngura, E. T., Pgpaud, P. S., & Bakti, S. C. (2021). Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN GERAK DAN TARI KEARIFAN LOKAL NGADA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK ST . SKOLASTIKA MATAIA kurang menarik minat anak untuk belajar gerakan . Cara u. 1, 99–114.
  23. Susanti, E. D. (2019). Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadget. Sejarah Dan Budaya Jurnal Sejarah Budaya Dan Pengajarannya, 13(1), 84–96. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p084
  24. Suyadi, Calista, W., & Puspita, D. (2018). Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Usia Dasar. Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 170–182.
  25. Wahid, A. H., Rozi, F., Baharun, H., Hidayati, W., & Bon, A. T. (2021). Information Technology in the Development of Language Aspects of Early Childhood.
  26. Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2
  27. Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.
  28. Yuliastuti, S. M., Kurniah, N., & Ardina, M. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 25–30.
  29. Zulfah, S. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan). Buletin Utama Teknik, 13(2), 2.