Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh para penulis di Enam Raudhatul Athfal yang ada di kota Bengkulu, semua institusi pendidikan tersebut masih merasa kesulitan dalam menemukan bahan ajar Bahasa Inggris yang sesuai ekpektasi para guru pengajar dan siswanya. Studi ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan produk pengajaran berupa video animasi dua dimensi (2D) berdurasi lima menit yang diharapkan dapat menjadi solusi dan bahan ajar tambahan bagi kelas Bahasa Inggris pada Raudhatul Athfal dikota Bengkulu. Penelitian pengambangan ini menggunakan model ASSURE yang telah melalui tahapan analisis pembelajaran, penentuan standar dan tujuan, pemilihan strategi, teknologi, media dan bahan ajar, serta mengikut sertakan partisipasi peserta didik. Dari segi konten bahan ajar, produk ini juga menambahkan nilai- nilai Islami kedalam materi yang disajikan. Berdasarkan pada hasil uji coba yang telah dilakukan di enam Raudhatul Athfal, produk ini mendapat respon positif dari 100% guru pengajar dan 90% siswa yang menyatakan produk bahan ajar yang dikembangkan menarik serta terbukti memiliki kebermanfaatan membantu lembaga dalam menyelesaikan beberapa permasalahan dalam proses kegiatan belajar mengajar
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adnan, N. I. (2019). Using Oral Communication Skill Module (OCS Module) To Improve Malaysian Working Adult’s Oral Communication Skill: A Case Study (Doctoral thesis, Universiti Sains Malaysia)
- Afeni, T., Asiyah, A., & Latipah, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Example Non Example Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas Vii SMPN 05 Seluma. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(1), 26-34
- Ahdar, A., Wardana, W., & Musyarif, M. (2020). Children's Interest In Learning In Islamic Culture. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 127-137
- Al-Nassar, S.F. (2010). Reading strategy awareness of first year students. Student evaluation checklist University of Leeds, College of Education
- Asiyah, A., Syafri, F., & Hakim, M. A. R. (2018). Pengembangan Materi Ajar Animasi Bahasa Inggris Bagi Usia Dini Di Kota Bengkulu. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 30-49
- Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal Of Education Technology, 3(4), 301-307.
- Efrizal, D. (2020). Developing Supplementary Teaching Speaking I Materials for Students of English Education Program of State Institute for Islamic Studies (IAIN) Bengkulu, Indonesia. Linguists: Journal Of Linguistics and Language Teaching, 6(1), 1-17
- Huitt, W., & Hummel, J. (2003). Piaget's theory of cognitive development. Educational psychology interactive, 3(2), 1-5.
- Latief, M. A. (2010). Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
- Latief, M.A. (2012). Research Method on Language Learning: An Introduction. Malang: UM Press
- Mulyadin, E., Sowanto, S., & Dusalan, D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Siswa SMP. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 40-51
- Ningrum, A. S. B., Latief, M. A., & Sulistyo, G. H. (2016). The Effect of Mind Mapping on EFL Students' Idea Development in Argumentative Writing across Gender Differences and Learning Styles. Dinamika ilmu, 16(1), 149-166
- Nissa, K., & Masturah, A. N. (2019). Hubungan Antara Egosentrisme dengan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Psycho Holistic, 1(1), 38-46
- Rahma, R. A., Rasyad, A., & Listyaningrum, R. A. (2021). Pembinaan Guru Raudhatul Athfal (RA) Muslimat Dalam Penyelenggaraan Program Parenting Education. Bayfa Cendekia Indonesia
- Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara
- Rahmanita, U., Lestari, V. A., & Akbarjono, A. (2021). Gambaran Isu dan Kebijakan Lembaga PAUD di TK Negeri Tapus Kabupaten Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 120-130
- Saepudin, J. (2017). Mutu Raudhatul Athfal Di Kota Jambi Dalam Perspektif Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Penamas, 30(2), 163-182
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
- Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2015). Instructional technology and media for learning (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall
- Sismiati, S., & Latief, M. A. (2012). Developing instructional materials on English oral communication for nursing schools. TEFLIN Journal, 23(1), 44-59
- Sucitra, D. (2021). Pengaruh Motivasi, Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru Pada Instansi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Binjai. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 2(02)
- Zubaedi, Hakim, M. A. R., & Asiyah. (2020). The Use of the ASSURE Model in Developing Animation Video as English Teaching Materials for Islamic Kindergarten Students. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11 (10), 1-19
References
Adnan, N. I. (2019). Using Oral Communication Skill Module (OCS Module) To Improve Malaysian Working Adult’s Oral Communication Skill: A Case Study (Doctoral thesis, Universiti Sains Malaysia)
Afeni, T., Asiyah, A., & Latipah, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Example Non Example Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas Vii SMPN 05 Seluma. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(1), 26-34
Ahdar, A., Wardana, W., & Musyarif, M. (2020). Children's Interest In Learning In Islamic Culture. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 127-137
Al-Nassar, S.F. (2010). Reading strategy awareness of first year students. Student evaluation checklist University of Leeds, College of Education
Asiyah, A., Syafri, F., & Hakim, M. A. R. (2018). Pengembangan Materi Ajar Animasi Bahasa Inggris Bagi Usia Dini Di Kota Bengkulu. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 30-49
Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal Of Education Technology, 3(4), 301-307.
Efrizal, D. (2020). Developing Supplementary Teaching Speaking I Materials for Students of English Education Program of State Institute for Islamic Studies (IAIN) Bengkulu, Indonesia. Linguists: Journal Of Linguistics and Language Teaching, 6(1), 1-17
Huitt, W., & Hummel, J. (2003). Piaget's theory of cognitive development. Educational psychology interactive, 3(2), 1-5.
Latief, M. A. (2010). Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
Latief, M.A. (2012). Research Method on Language Learning: An Introduction. Malang: UM Press
Mulyadin, E., Sowanto, S., & Dusalan, D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Siswa SMP. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 40-51
Ningrum, A. S. B., Latief, M. A., & Sulistyo, G. H. (2016). The Effect of Mind Mapping on EFL Students' Idea Development in Argumentative Writing across Gender Differences and Learning Styles. Dinamika ilmu, 16(1), 149-166
Nissa, K., & Masturah, A. N. (2019). Hubungan Antara Egosentrisme dengan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Psycho Holistic, 1(1), 38-46
Rahma, R. A., Rasyad, A., & Listyaningrum, R. A. (2021). Pembinaan Guru Raudhatul Athfal (RA) Muslimat Dalam Penyelenggaraan Program Parenting Education. Bayfa Cendekia Indonesia
Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara
Rahmanita, U., Lestari, V. A., & Akbarjono, A. (2021). Gambaran Isu dan Kebijakan Lembaga PAUD di TK Negeri Tapus Kabupaten Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 120-130
Saepudin, J. (2017). Mutu Raudhatul Athfal Di Kota Jambi Dalam Perspektif Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Penamas, 30(2), 163-182
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2015). Instructional technology and media for learning (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall
Sismiati, S., & Latief, M. A. (2012). Developing instructional materials on English oral communication for nursing schools. TEFLIN Journal, 23(1), 44-59
Sucitra, D. (2021). Pengaruh Motivasi, Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru Pada Instansi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Binjai. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 2(02)
Zubaedi, Hakim, M. A. R., & Asiyah. (2020). The Use of the ASSURE Model in Developing Animation Video as English Teaching Materials for Islamic Kindergarten Students. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11 (10), 1-19