Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021

Fani Karmita Sari(1), Lidia Oktamarina(2),
(1) UIN RADEN FATAH PALEMBANG, Indonesia
(2) UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia

Abstract


Pemahaman geometri merupakan salah satu tahap perkembangan kognitif yang harus dikuasai anak usia dini. Informasi yang menggunakan media konkret akan lebih mudah untuk dipahami oleh anak dari pada informasi yang bersifat abstrak. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy Eksperimental Desain, dengan pendekatan penelitian kuantitaif Nonequivalent Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 anak, sampel pada kelas B1 15 anak dan kelas B2 15 anak di TK Nurul Iman Beringin Makmur I. Kelompok eksperimen menggunakan media realia dan kelompok kontrol menggunakan media papan tulis. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media realia dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,4 sedangkan kelompok kontrol 54,67, kemudian berdasarkan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,048 . Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung>ttabel (5,871798>2,048), maka kesimpulan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya media realia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara.
Kata Kunci: Media Realia, Pemahaman Geometri


Keywords


Pemahaman Geometri

Full Text:

PDF

References


B.Uno, H. (2012). Profesi kependidikan problema, solusi, dan reformasi pendidikan di indonesia

(1st ed.). Bumi Aksara.

Cania, S., Novianti, R., Childhood, D. C.-A. J. on E., & 2019, U. (2019). Pengaruh

media glowing city terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak

usia dini. Journal on Early Childhood, 1(3).

https://www.aulad.org/index.php/aulad/article/view/54

Darsinah. (2011). Perkembangan kognitif. Qinant.

Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarakn matematika pada anak usia dini.

Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2).

Hasanah, L., & Agung, S. (2018). Kemampuan pengenalan geometri melalui kegiatan

bermain balok anak usia 5-6 tahun. PAUD Agapedia, 2(2), 46.

Hasnida. (2015). Media pembelajaran kreatif, mendukung pembelajaran pada anak usia dini.

PT. Luxima MetroMedia.

Japar, M. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. CV Jakad Publishing.

Jindrich, S. (2005). How to help children learn. Book Marks.

Lestari, N., & Mustika, E. (2014). Pengaruh penggunaan media realia terhadap

keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah

dasar negeri setia darma 03 tambun selatan. PEDAGOGIK (JURNAL

PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 2(2), 1–8.

https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1240

Nila Puspitasari, R., & Wanita Desa Bulukidul Kecamatan Balong Ponorogo, D.

(2016). Pengaruh media loto warna dan bentuk terhadap pemahaman geometri

anak kelompok b. Journal.Trunojoyo.Ac.Id, 3(2), 103.

https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3492

Pendidikan, J., Dini, A. U., Indra, N. F., Fitria, N., & Dewi, K. (2019). Pengaruh

media realia terhadap pemahaman anak usia 5-7 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi

Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 34–43.

https://doi.org/10.31000/CERIA.V9I2.1234

Pendidikan, M. K.-J. I., & 2016, U. (2016). Geometri sekolah dasar dan

pengajarannya: suatu pola penyajian berdasarkan teori piaget dan teori van heile.

Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 262.

http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/1867

PISA. (2018). Hasil survey pisa. https://www.oecd.org/pisa/

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. alfabeta.

Yayuk, E. & S. prasetyo. (2020). Kajian matematika sd. UMM Press




DOI: https://doi.org/10.33369/jip.7.1.11-22

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fani Fanikarmitafani Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Potensia
Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu
Email : potensia.fkip@unib.ac.id 

P-ISSN 2527-9270
E-ISSN 2621-2382


Abstracted / Indexed by :

     


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.