Main Article Content

Abstract

Pemahaman geometri merupakan salah satu tahap perkembangan kognitif yang harus dikuasai anak usia dini. Informasi yang menggunakan media konkret akan lebih mudah untuk dipahami oleh anak dari pada informasi yang bersifat abstrak. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy Eksperimental Desain, dengan pendekatan penelitian kuantitaif Nonequivalent Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 anak, sampel pada kelas B1 15 anak dan kelas B2 15 anak di TK Nurul Iman Beringin Makmur I. Kelompok eksperimen menggunakan media realia dan kelompok kontrol menggunakan media papan tulis. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media realia dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,4 sedangkan kelompok kontrol 54,67, kemudian berdasarkan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,048 . Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung>ttabel (5,871798>2,048), maka kesimpulan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya media realia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara.
Kata Kunci: Media Realia, Pemahaman Geometri

Article Details

How to Cite
Karmita Sari, F., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.11-22

References

  1. B.Uno, H. (2012). Profesi kependidikan problema, solusi, dan reformasi pendidikan di indonesia
  2. (1st ed.). Bumi Aksara.
  3. Cania, S., Novianti, R., Childhood, D. C.-A. J. on E., & 2019, U. (2019). Pengaruh
  4. media glowing city terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak
  5. usia dini. Journal on Early Childhood, 1(3).
  6. https://www.aulad.org/index.php/aulad/article/view/54
  7. Darsinah. (2011). Perkembangan kognitif. Qinant.
  8. Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarakn matematika pada anak usia dini.
  9. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2).
  10. Hasanah, L., & Agung, S. (2018). Kemampuan pengenalan geometri melalui kegiatan
  11. bermain balok anak usia 5-6 tahun. PAUD Agapedia, 2(2), 46.
  12. Hasnida. (2015). Media pembelajaran kreatif, mendukung pembelajaran pada anak usia dini.
  13. PT. Luxima MetroMedia.
  14. Japar, M. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. CV Jakad Publishing.
  15. Jindrich, S. (2005). How to help children learn. Book Marks.
  16. Lestari, N., & Mustika, E. (2014). Pengaruh penggunaan media realia terhadap
  17. keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah
  18. dasar negeri setia darma 03 tambun selatan. PEDAGOGIK (JURNAL
  19. PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 2(2), 1–8.
  20. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1240
  21. Nila Puspitasari, R., & Wanita Desa Bulukidul Kecamatan Balong Ponorogo, D.
  22. (2016). Pengaruh media loto warna dan bentuk terhadap pemahaman geometri
  23. anak kelompok b. Journal.Trunojoyo.Ac.Id, 3(2), 103.
  24. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3492
  25. Pendidikan, J., Dini, A. U., Indra, N. F., Fitria, N., & Dewi, K. (2019). Pengaruh
  26. media realia terhadap pemahaman anak usia 5-7 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi
  27. Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 34–43.
  28. https://doi.org/10.31000/CERIA.V9I2.1234
  29. Pendidikan, M. K.-J. I., & 2016, U. (2016). Geometri sekolah dasar dan
  30. pengajarannya: suatu pola penyajian berdasarkan teori piaget dan teori van heile.
  31. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 262.
  32. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/1867
  33. PISA. (2018). Hasil survey pisa. https://www.oecd.org/pisa/
  34. Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. alfabeta.
  35. Yayuk, E. & S. prasetyo. (2020). Kajian matematika sd. UMM Press