Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi memiliki dampak positif dan negatif. Positifnya, memberikan kemudahan aksesibilitas dan updating pengetahuan. Dampak negatif bagi perkembangan anak, yaitu kemudahan memperoleh informasi-informasi yang memiliki nilai-nilai negatif. Banyak beredar di internet video tindak kekerasan dan asusila serta video pergaulan remaja di luar negeri yang tidak sesuai dengan karakter dan budaya bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan zona pendidikan berbasis Alquran (Quranic Zone) dalam membentuk karakter anak usia dini di TK Al-Quran An-Nadwah. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan Implikasi Quranic Zone terhadap pembentukan karakter anak usia dini di TK Al-Qur’an An-Nadwah. Lokasi di TK Al-Qur’an An-Nadwah Kalianget Banyuglugur Situbondo dengan subyek penelitian 47 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Beberapa aktivitas pembelajaran dalam membentuk karakter qurani anak usia dini di TK yaitu melalui pembelajaran etika dalam membaca doa, surat-surat pendek, melaksanakan shalat wajib, melalui kisah nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai inspirasi untuk mengikuti sikap dan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari, dan memberikan penghargaan pada siswa yang memiliki karakter baik dan memberikan hukuman pada siswa yang memiliki karakter tidak baik. Dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter qur’ani anak usia dini di TK ini menggunakan metode dialog, kisah, perumpamaan, keteladanan, dan metode targhib dan tarhib.

Article Details

How to Cite
Bali, M. M. E. I., Sugiharto, F. B., Rozhana, K. M., & Syarqiyah, S. (2022). Implikasi Quranic Zone Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 87–98. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.87-98

References

  1. Ainiyah, N Wibawa, N, H, H, P. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25-38.
  2. Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2018). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 34-49.
  3. Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 28–38.
  4. Bali, M. M. E. I., & Chairunniza’. (2020). Interaksi Edukatif Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka dalam Menghadapi Society Era. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 62–76.
  5. Bali, M. M. E. I., & Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–25. https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.4125
  6. Bali, M. M. E. I., & Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-01
  7. Bali, M. M. E. I., & Rozhana, K. M. (2022). Internalization of Gen-Q Characters in Elementary School Through CALISA Learning. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 25(1), 82–93.
  8. Bali, M. M. E. I., & Susilowati. (2019). Transinternalisasi Nilai-nilai Kepesantrenan melalui Konstruksi Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-01
  9. Cindriani, W., dkk. (2017). Implikasi dari Al-Qur’an Surat Ibrahim Ayat 24-26 terhadap Metode Perumpamaan terhadap Pembelajaran Aqidah. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 3(2), 269-274.
  10. Djunaid, H. (2014). Konsep Pendidikan Dalam Alquran (Sebuah Kajian Tematik). Lentera Pendidikan, 17(1), 139-150.
  11. Frimayanti, A., I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227-247.
  12. Hakim, R. (2014). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan Karakter. 4(1), 123-136.
  13. Hidayat, F., N., & Karyodiputro, M., I. (2019). Manajemen Madrasah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MTs Negeri Bondowoso II. At-Turas: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 14-34.
  14. Husni, M. (2018). Pendidikan Islam Dalam Mambangun Etika Peradaban; Sebuah Kajian Diskurtif. Edureligia, 2(1), 28-40.
  15. Hosaini, A. (2016). Akulturasi Nilai Dan Budaya Dalam Sistem Pendidikan Pesantren. At-Turas, 3(1), 28-41.
  16. Islam, S. (2017). Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Edureligia, 1(1), 89-101.
  17. Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28.
  18. Kholil, M., Bali, M. M. E. I., & Fatimah, S. (2021). Urgensi Pengembangan Karakter Mandiri dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral melalui Pembelajaran Daring. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 273–288.
  19. Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88-107.
  20. Lutfi, M. (2017). Reaktualisasi Pendidikan Karakter Pesantren Di Era Globalisasi. Edureligia, 1(2), 140-146.
  21. Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141-156.
  22. Oktavia, D., Bali, M. M. E. I., Rahman, H., Umar, U., Syakroni, A., & Widat, F. (2019). Exploration of Fine Motor Skills through the Application of Paint. WESTECH, 1–6. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2284038
  23. Sanika, E., & Hidayah, F. (2018). Program Pembentukan Akhlak Siswa Pada Masa Pubertas (Studi Kasus Di SMP Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019). Edureligia, 2(2), 82-93.
  24. Sari, P., M., R., & Priyanto, A., S. (2019). Silaturahim Sebagai Bentuk Utama Dalam Kepedulian Sosial Pada Tradisi Weh-Wehan Di Kaliwungu. Indonesian Journal of Conservation, 8(1), 41-50.
  25. Suib, M., S. (2017). Sinergitas Peran Pondok Pesantren Dalam Peningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 171-191.
  26. Supandi & Ahmad. (2019). Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Perspektif Humanisme Di MA Miftahul Qulub Galis Pamekasan. Edureligia, 3(1), 115-127.
  27. Tohet, M., Bali, M. M. E. I., Astuti, D. P. J., Ulfa, A., Maisaroh, S., Ashidqiah, H., Abdullah, D., Hasan, K., Ridwan, T. M., & Erliana, C. I. (2021). Characters Education Based Audiovisual for Children in the Coastal Area. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12(4), 1639–1644.
  28. Tohet, M. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman). Edureligia, 3(1), 1-10.
  29. Wahid, A. H., Bali, M. M. E. I., & Maimuna, S. (2021). Problematika Pembelajaran Fiqih terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 05(01), 1–17.
  30. Wahid, A., H., Muali, C., & Qodratillah, K., F. (2018). Pengembangan Karakter Guru Dalam Menghadapi Demoralisasi Siswa Perspektif Teori Dramaturgi. Jurnal MUDARRISUNA, 8(1), 102-126.