Main Article Content

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan dengan membekali mahasiswa soft skill maupun hard skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Pengembangan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dengan berbasis individual differences diharapkan mahasiswa dapat memahami karakter dan keberagaman peserta didik sebagai dasar untuk mampu berperan sebagai tenaga pendidik dan kependidikan, konsultan bidang PAUD serta teacherpreneur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah 123 mahasiswa dari Angkatan 2017-2021, dan 16 dosen yang mengajar di Prodi PG-PAUD. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi: Focus group discussion, lokakarya, pembuatan instrumen, survey lapangan, pengolahan dan analisis data, seminar hasil/sosialisasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang memuat aspek strategi implementasi kurikulum, yaitu: perencanaan, dokumen kurikulm, SDM, administrasi, sarana prasarana, dan iklim budaya. Hasil uji validasi yang dilakukan terhadap 30 item, didapatkan 27 item valid, dan 3 item tidak valid, maka tim peneliti memutuskan untuk menggunakan 27 item yang valid untuk proses pengambilan data. Hasil reliabilitas menunjukkan 0,758 yang dapat dikategorikan bahwa angket yang disebarkan reliable untuk menggambarkan strategi implementasi kurikulum

Article Details

How to Cite
Anggraini, H., Haryono, S. E., Muntomimah, S., Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64–74. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.64-74

References

  1. Arifin, S., & Muslim, M. 2020. Tantangan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1), 10-22.
  2. Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205
  3. Darman, R. A. 2021. Telaah Kurikulum. Jakarta: Guepedia
  4. Dewi, N. 2021. Individual Differences in Developmental Psychology Early Childhood Mentality. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. 4(2), 447-459. https://doi.org/10.31538/nzh. v4i2.1594
  5. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
  6. Eris, H., & Kiliçoglu, A. (2019). Curriculum Development Competencies of Form Teacher Candidates. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 18(1), 25–31
  7. Fujiawati, F.S. 2016. Pemahaman Konsep Kurikulum dan pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol 1, No 1. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/849.
  8. Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.
  9. Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 100. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2244
  10. Kubat, U. (2018). Identifying the individual differences among students during learning and teaching process by science teachers. International Journal of Research in Education and Science, 4(1), 30–38.
  11. Loisa, R., Paramita, S., & Sari, W. 2022. Penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Medeka Tingkat Fakultas di Universitas. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 6(1), 70-79. https://doi.org/10.24192/jmishumsen.vi61.16052
  12. Mayskur, R. 2018. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Lampung: Aura Publishing.
  13. Mohanasundaram, K. (2018). Curriculum design and development. Journal of Applied and Advanced Research, 3(1), 4–6.
  14. Saputro, B., dkk. 2021. Partisipasi Program Studi di Universitas PGRI Semarang Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Dimensi Pendidikan, 17 (3). http://103.98.176.9/index.php/DIMENSI/article/view/10683/4973
  15. Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.
  16. Sudirman. 2019. Strategi Implementasi Kurikulum: Suatu Kajian Perspektif Teori di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6 (2).
  17. Suteja, J. 2020. Kampus Merdeka: Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 1 (3), 112-234. https://www.researchgate.net/publication/342516231
  18. Widaningsih, R.S. 2014. Manajemen Dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah. Jurnal ILMAN, 1 (2). https://journals.synthesispublication. Org
  19. Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. 2021. Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 7(2), 120-133.
  20. Yayuk, S., dkk. 2021. Pengaruh MBKM Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Motoric: Media of Teaching Oriental and Children, 5 (2), 311-318.