Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode 3R untuk menstimulasi kreativitas pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat Penerapan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk Menstimulasi Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Dharma wanita 1 Purwosari. Wawancara ditujukan kepada guru kelas kelompok A dan kepala sekolah. Dokumentasi dilihat dari kegiatan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang digunakan dapat menstimulasi kreativitas pada anak usia dini. Melalui penerapan ini anak mampu berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka. Hal ini dapat dilihat dari 12 anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Purwosari, 8 diantaranya dapat berkreasi sesuai dengan imajinasinya hanya ada 4 anak yang belum bisa berkreasi secara maksimal.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Angraini, K. (2012). Di Taman Kanak- Kanak Padang. 1(1), 0–9.
- Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
- Budi, B. (2014). STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant.
- Diana Vidya Fakhriyani. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340
- DINA, P. (2020). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BARANG BEKAS DI RAUDHATUL ATHFAL JAUHAROTUL MUALIMIN GAYAU SAKTI KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. In Akrab Juara (Vol. 5, Issue 1).
- Dr. Hj. Khadijah, M. A. dan, & Armanila, S.Pd.I., M. P. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Itqan (Vol. 7, Issue 1).
- FITRAH AISYAH. (2018). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KORAN BEKAS DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9.
- Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 215. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360
- Huberman, M., & Miles, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIPress. Jakarta.
- Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. Sage.
- Ihmeideh, F. M., & Shawareb, A. A. (2014). The association between internet parenting styles and childrens use of the internet at home. Journal of Research in Childhood Education, 28(4), 411–425. https://doi.org/10.1080/02568543.2014.944723
- Kashani-Vahid, L., Afrooz, G. A., Shokoohi-Yekta, M., Kharrazi, K., & Ghobari, B. (2017). Can a creative interpersonal problem solving program improve creative thinking in gifted elementary students? Thinking Skills and Creativity, 24, 175–185. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.02.011
- Li, Y. L. (2004). Pupil-teacher interactions in Hong Kong kindergarten classrooms - Its implications for teachers’ professional development. Learning Environments Research, 7(1), 23–42. https://doi.org/10.1023/B:LERI.0000022280.11397.f8
- Maaranen, K., Pitkäniemi, H., Stenberg, K., & Karlsson, L. (2016). An idealistic view of teaching: teacher students’ personal practical theories. Journal of Education for Teaching, 42(1), 80–92. https://doi.org/10.1080/02607476.2015.1135278
- Mawarnisa, R. (2020). Model Permainan Edukasi Dari Bahan Bekas Kardus Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Anak Paud Usia 5-6 Tahun.
- Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 125.
- Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
- Othman, S. A., Azman, N., & Mohd Ali, M. (2008). Faktor Ibu Bapa dalam Kecemerlangan Akademik Pelajar Pekak: Kajian Kes Retrospektif. Malaysian Journal of Learning and Instruction. https://doi.org/10.32890/mjli.5.2008.7598
- Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).
- Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
- Rohani, S.Ag, M. P., & Dosen. (2017). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
- Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314
- Salminen, J., Lerkkanen, M. K., Poikkeus, A. M., Pakarinen, E., Siekkinen, M., Hännikäinen, M., Poikonen, P. L., & Rasku-Puttonen, H. (2012). Observed Classroom Quality Profiles of Kindergarten Classrooms in Finland. Early Education and Development, 23(5), 654–677. https://doi.org/10.1080/10409289.2011.574267
- Saripudin, A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
- Setiawan, K. E. P. (2019). NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM NASKAH CERITA RAKYAT PRABU ANGLING DARMA. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 26–34. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/26-34
- Sunanih. (n.d.). KEMAMPUAN MEMBACA HURUF ABJAD BAGI ANAK USIA DINI BAGIAN DARI PERKEMBANGAN BAHASA. 1(1), 1–12.
- Tiswarni, T. (2019). USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1650
References
Angraini, K. (2012). Di Taman Kanak- Kanak Padang. 1(1), 0–9.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Budi, B. (2014). STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant.
Diana Vidya Fakhriyani. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340
DINA, P. (2020). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BARANG BEKAS DI RAUDHATUL ATHFAL JAUHAROTUL MUALIMIN GAYAU SAKTI KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. In Akrab Juara (Vol. 5, Issue 1).
Dr. Hj. Khadijah, M. A. dan, & Armanila, S.Pd.I., M. P. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Itqan (Vol. 7, Issue 1).
FITRAH AISYAH. (2018). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KORAN BEKAS DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9.
Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 215. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360
Huberman, M., & Miles, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIPress. Jakarta.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. Sage.
Ihmeideh, F. M., & Shawareb, A. A. (2014). The association between internet parenting styles and childrens use of the internet at home. Journal of Research in Childhood Education, 28(4), 411–425. https://doi.org/10.1080/02568543.2014.944723
Kashani-Vahid, L., Afrooz, G. A., Shokoohi-Yekta, M., Kharrazi, K., & Ghobari, B. (2017). Can a creative interpersonal problem solving program improve creative thinking in gifted elementary students? Thinking Skills and Creativity, 24, 175–185. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.02.011
Li, Y. L. (2004). Pupil-teacher interactions in Hong Kong kindergarten classrooms - Its implications for teachers’ professional development. Learning Environments Research, 7(1), 23–42. https://doi.org/10.1023/B:LERI.0000022280.11397.f8
Maaranen, K., Pitkäniemi, H., Stenberg, K., & Karlsson, L. (2016). An idealistic view of teaching: teacher students’ personal practical theories. Journal of Education for Teaching, 42(1), 80–92. https://doi.org/10.1080/02607476.2015.1135278
Mawarnisa, R. (2020). Model Permainan Edukasi Dari Bahan Bekas Kardus Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Anak Paud Usia 5-6 Tahun.
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 125.
Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Othman, S. A., Azman, N., & Mohd Ali, M. (2008). Faktor Ibu Bapa dalam Kecemerlangan Akademik Pelajar Pekak: Kajian Kes Retrospektif. Malaysian Journal of Learning and Instruction. https://doi.org/10.32890/mjli.5.2008.7598
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p148-159
Rohani, S.Ag, M. P., & Dosen. (2017). MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314
Salminen, J., Lerkkanen, M. K., Poikkeus, A. M., Pakarinen, E., Siekkinen, M., Hännikäinen, M., Poikonen, P. L., & Rasku-Puttonen, H. (2012). Observed Classroom Quality Profiles of Kindergarten Classrooms in Finland. Early Education and Development, 23(5), 654–677. https://doi.org/10.1080/10409289.2011.574267
Saripudin, A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Setiawan, K. E. P. (2019). NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM NASKAH CERITA RAKYAT PRABU ANGLING DARMA. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 26–34. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/26-34
Sunanih. (n.d.). KEMAMPUAN MEMBACA HURUF ABJAD BAGI ANAK USIA DINI BAGIAN DARI PERKEMBANGAN BAHASA. 1(1), 1–12.
Tiswarni, T. (2019). USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1650