Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada masalah apakah jenis pola asuh orang tua yang diterapkan pada anak yang berperilaku agresif di salah satu TK di Bengkulu. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan jenis pola asuh orangtua yang diterapkan pada anak yang berperilaku agresif. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif.  Subjek penelitian ini sebanyak 16 orang tua dari anak yang berperilaku agresif. Hasil penelitian menunjukkan enam orang tua dari anak yang berperilaku agresif cenderung menerapkan pola asuh demokratis, delapan orang tua dari anak yang berperilaku agresif menerapkan secara bergantian antara pola asuh otoriter, demokratis dan permisif, dan dua orang tua dari anak yang berperilaku agresif menerapkan secara bergantian antara pola asuh otoriter dan demokratis. Disarankan kepada peneliti berikutnya untuk diteliti lebih dalam mengapa orang tua dari anak yang berperilaku agresif cenderung menerapkan pola asuh yang bergantian antara otoriter, demokratis dan permisif.

Article Details

How to Cite
Sari, D. K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.1-6

References

  1. Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta : Luxima.
  2. Koeswara, E. 1988. Agresi Manusia. Bandung: PT. Eresco.
  3. Kulsum, Umi dan Mohammad Jauhar. 2014. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
  4. Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
  5. Mahmud, Heri Gunawan dan Yuyun Yulianingsih. 2013. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata.
  6. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
  7. Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
  8. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 butir 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  9. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 pasal 10 ayat 4 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  10. Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  11. Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar Paud. Yogyakarta : Gava Media.