Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan membentuk dengan menggunakan media spons pada kelompok B1 PAUD Assalam Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian anak kelompok B1 PAUD Assalam Kota Bengkulu yang berjumlah 16 orang anak terdiri dari 6 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan membentuk dengan menggunakan media spons. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak terutama aspek menggunting agar lebih distimulasi lagi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Zainal Dkk (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya
- Arikunto, Suharsimi dkk (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Danim, Sudarwan & Khairil (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
- Hasnida (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima
- Slamet, Suyanto (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
- Sujiono, Yuliani Nurani (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
- Sumantri (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
- Sunardi & Sunaryo (2007). Intervensidini Anak Berkebutuhan Khusus. DIKTI
- Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA.
- Yamin, Martinis & Sanan, Jamilah S (2012). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Referensi
References
Aqib, Zainal Dkk (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi dkk (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Danim, Sudarwan & Khairil (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Hasnida (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima
Slamet, Suyanto (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sujiono, Yuliani Nurani (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Sumantri (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Sunardi & Sunaryo (2007). Intervensidini Anak Berkebutuhan Khusus. DIKTI
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA.
Yamin, Martinis & Sanan, Jamilah S (2012). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Referensi