Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu.  Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek  penelitian ini adalah  guru kelas di PAUD IT Auladuna yang berjumlah 14 orang. Objek penelitiaan ini adalah Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data statistik dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian tentang Perencanaan Pembelajaran Kurikulum  2013 Pendidikan Anak Usia Dini  di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu terhadap program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, dan rencana penilaian sudah baik dan sudah sesuai dengan standar Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. Disarankan kepada guru untuk mengevaluasi kembali perencanaan penilaian yang disesuaikan dengan kelompok usia anak didik.

Article Details

Author Biographies

Annisa Fitri, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Sri Saparahayuningsih, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nesna Agustriana, Universitas Bengkulu

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
How to Cite
Fitri, A., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13

References

  1. Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
  2. Ansyar, Moh. 2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain Pengembangan.
  3. Jakarta: Kencana Prenada Media
  4. Group.
  5. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendikatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar
  7. Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Haenilah, Een. 2015. Kurikulum dan
  9. Pembelajaran PAUD. Media Akademi: Jokjakarta.
  10. Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
  11. Kadir, Abdul. 2014. Pembelajaran tematik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  12. Majid, Abdul. 2007. Perencanaan
  13. Pembelajaran. Bandung : RemajaRosdakarya.
  14. Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. 2013.
  15. Metodologi Penelitian. Jakarta
  16. :Bumi Aksara.
  17. Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan
  18. Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  19. Sukmadinata, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.