Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas di PAUD IT Auladuna yang berjumlah 14 orang. Objek penelitiaan ini adalah Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data statistik dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian tentang Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu terhadap program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, dan rencana penilaian sudah baik dan sudah sesuai dengan standar Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. Disarankan kepada guru untuk mengevaluasi kembali perencanaan penilaian yang disesuaikan dengan kelompok usia anak didik.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
- Ansyar, Moh. 2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain Pengembangan.
- Jakarta: Kencana Prenada Media
- Group.
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendikatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar
- Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Haenilah, Een. 2015. Kurikulum dan
- Pembelajaran PAUD. Media Akademi: Jokjakarta.
- Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
- Kadir, Abdul. 2014. Pembelajaran tematik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Majid, Abdul. 2007. Perencanaan
- Pembelajaran. Bandung : RemajaRosdakarya.
- Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. 2013.
- Metodologi Penelitian. Jakarta
- :Bumi Aksara.
- Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan
- Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
References
Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Ansyar, Moh. 2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain Pengembangan.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendikatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Haenilah, Een. 2015. Kurikulum dan
Pembelajaran PAUD. Media Akademi: Jokjakarta.
Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
Kadir, Abdul. 2014. Pembelajaran tematik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan
Pembelajaran. Bandung : RemajaRosdakarya.
Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. 2013.
Metodologi Penelitian. Jakarta
:Bumi Aksara.
Rosdiani, Dini. 2013. Perencanaan
Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.