Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan reinforcement terhadap disiplin anak usia dini di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jenis Korelasional. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 14 orang anak kelas B 3 di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dalam bentuk ceklis. Analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara reinforcement dengan disiplin anak usia dini di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Saran dari penelitan ini untuk guru yaitu mempertahankan dan meningkatkan penerapan reinforcement dalam menanamkan disiplin anak usia dini.
Kata kunci : Hubungan Reinforcement, Disiplin Anak Usia Dini

Article Details

How to Cite
Calista, V., Kurniah, N., & Ardina, M. (2019). HUBUNGAN REINFORCEMENT TERHADAP DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD PEMBINA 1 KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17

References

  1. Arlin, Meila. Skripsi (2015). Hubungan reward dengan disiplin anak TK kelompok b disekolah se-gugus ii kecamatan sanden, Bantul. Yogjakarta: Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Gichara, Jenny. (2012). Kelas Sehat Prestasi Hebat. Jakarta : PT. Gramedia.
  3. Hasibuan dan Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Ruswandi. (2013). Pisikologi Pembelajaran. Bandung : CV. Cipta Pesona Sejahtera.
  5. Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Shochid, Moh. (2000). Pola Asuh Orangtua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta : Rineka Cipta.
  7. Subagyo, Joko. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Surdiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Sujiono, Yuliani Nuraini. (2005). Mencerdaskan Prilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media Kompurido.
  10. Uno, Hamzah B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Usman, Moh. Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.