HUBUNGAN REINFORCEMENT TERHADAP DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD PEMBINA 1 KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kuantitatif Di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu)

Viona Calista(1), Nina Kurniah(2), Mona Ardina(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan reinforcement terhadap disiplin anak usia dini di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jenis Korelasional. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 14 orang anak kelas B 3 di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dalam bentuk ceklis. Analisis data menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara reinforcement dengan disiplin anak usia dini di PAUD Pembina 1 Kota Bengkulu, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Saran dari penelitan ini untuk guru yaitu mempertahankan dan meningkatkan penerapan reinforcement dalam menanamkan disiplin anak usia dini.
Kata kunci : Hubungan Reinforcement, Disiplin Anak Usia Dini


Keywords


Reinforcement; Disiplin Anak Usia Dini;

Full Text:

PDF

References


Arlin, Meila. Skripsi (2015). Hubungan reward dengan disiplin anak TK kelompok b disekolah se-gugus ii kecamatan sanden, Bantul. Yogjakarta: Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gichara, Jenny. (2012). Kelas Sehat Prestasi Hebat. Jakarta : PT. Gramedia.

Hasibuan dan Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruswandi. (2013). Pisikologi Pembelajaran. Bandung : CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Shochid, Moh. (2000). Pola Asuh Orangtua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta : Rineka Cipta.

Subagyo, Joko. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Surdiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sujiono, Yuliani Nuraini. (2005). Mencerdaskan Prilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media Kompurido.

Uno, Hamzah B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah POTENSIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Potensia
Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu
Email : potensia.fkip@unib.ac.id 

P-ISSN 2527-9270
E-ISSN 2621-2382


Abstracted / Indexed by :

Google ScholarIndonesia One SearchGarudaROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.