Main Article Content

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motorik kasar anak melalui permainan estafet pada kelompok B Taman Kanak-kanak Lestari Srikaton Blok V Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B Taman Kanak-kanak Lestari yang berjumlah 18 orang anak 12 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata, dan rumus ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan permainan estafet dapat meningkatkan motorik kasar anak.  Pada siklus I mencapai kriteria cukup. Pada siklus II meningkat dengan kriteria baik, sedangkan ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai kriteria baik dan padasiklus II meningkat dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru jika akan meningkatkan motorik kasar anak, dapat menggunakan permainan estafet.

Article Details

How to Cite
Andriani, Y., Nasirun, M., & D., D. (2019). MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK MELALUI PERMAINAN ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK B Taman Kanak-Kanak Lestari Desa Srikaton Blok V Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 32–40. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.32-40

References

  1. Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
  2. Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
  3. Bambang Sujiono, dkk. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
  4. Bestari Nursih. (2014). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Sunda Manda. Dalam Skripsi (http://eprints.uny.ac.id/14653/1/SKRIPSI-BESTARI-NURSIH.pdf) Diakses pada tanggal 20 April 2016
  5. Daeng Hans. (2009). Permainan Dalam Pembelajaran. (http://belajarpsikologi.com/2014/12/15/metode-permainan-dalam-pembelajaran/.) Diakses pada tanggal 15 April 2016
  6. Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  7. Grafura Lubis, dkk. (2011). Permainan Edukatif Untuk Pembelajaran Atraktif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
  8. Hilrih. (2014). Jenis Permainan Anak Usia Dini. (http:/paud.smart:contoh-untuk-permainan-anak-usia-dini.com/2014/12/15/jenis-jenis-permainan-untuk-aud/.) Diakses pada tanggal 15 April 2016
  9. Nomifrod. (2016). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. (http://www.nomifrod.com/2016/08/perkembangan-fisik-motorik-anak-usia-dini.html) Diakses pada tanggal 14 April 2016
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
  11. Prawoto Agung. (2013). Upaya Meningkatkan Sosialisasi Melalui Bermain Estafet. Dalam Skripsi
  12. (http://library.ikippgrismg.ac.id/docfiles/fulltext/bb84ccfcb960aeda.pdf)
  13. Diakses pada tanggal 21 April 2016
  14. Priatna Eri. (2008). Olahraga Atlektik.Jakarta: CV Sahabat
  15. Richard Decaprio. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Disekolah.Jakarta: Diva Press
  16. Roman Mohandas, Dkk. (2014). Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembukuan
  17. Sudijono Anas. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
  18. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
  19. Sumarya, dkk. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan. Jakarta : PT. Arya Duta
  20. Sunarsih Sri, dkk. (2007). Penjas Orkes. Jakarta : Erlangga
  21. Wagino, dkk. (2010). Pendidikan Jsmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: CV Bina Pustaka
  22. Wahyudin, Din dkk. (2006). Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka
  23. Wardani, I.G.A.K. dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Bengkulu
  24. Yuliani Nurani Sujiono. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks