Main Article Content

Abstract

The problem in this research is the low result learn science of child. The purpose this research to know whether result learn science of child through application experimental method with the dissolution process can be increased. Subjects in this research is B5 group that amounts 14 children, 8 female children and 6 male children. This classroom action research was conducted in two cycles and every cycles in three meetings. The data collectedby observation, documentation and interview, whit the techniquesof qualitative data analysis is descriptive. Of result research it turns out application experimental method with the dissolution process increase result learn science of child with exhaustiveness learn of child in classical for scound cycles of three meetings reach 85,7%. To improve research, then be expetted the teacher PAUD can apply this experimental method with dissolution process for increase result learn science.

Article Details

How to Cite
Pahlewi, R., Nasirun, H. M., & Syam, N. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PROSES PELARUTAN PADA ANAK KELOMPOK B5 PAUD DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI BENGKULU. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 92–99. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.92-99

References

  1. Anitah W, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta. Universitas Terbuka
  2. Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Yrama Widya
  3. Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
  4. ................ 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara
  5. ................ 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
  6. Depdiknas. 2007. Bidang Pengembanganm Kognitif. Jakarta. Depdiknas
  7. ................. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktoret Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar
  8. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta
  9. .............. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta
  10. Gonggo, Bambang. 2009. Ensiklopedia Kimia. Jakarta. Nobel Edumedia
  11. Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka
  12. Hidayati, Latifa. 2013. Mengembangkan Pemahaman Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Praktek. Bengkulu. Skripsi
  13. Izzaty, Rita Eka. 2005. Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
  14. Juniarti, Yenti. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sains Anak. Bengkulu. Skripsi
  15. Kemendiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58
  16. Khoiri, Imam. 2008. Intisari IPA Kimia SMP. Jakarta. PT Kawan Pustaka
  17. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
  18. Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kerja Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
  19. Purba, Michael. 2006. IPA KIMIA untuk SMP Kelas VII. Jakarta. Erlangga
  20. Rahman, Hibbana. 2005. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta. Grafindo Literal
  21. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
  22. Saktiyono. 2006. IPA Biologi SMP dan MTS untuk Kelas VII. Jakarta. Erlangga
  23. Sudjana, Nana. 2005. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru
  24. Sujiono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers
  25. Sujiono, Yuliana Nurani. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. Universitas Bengkulu.
  26. Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta. Elex Media Komputindo
  27. Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta. Pedagogia
  28. Tim Pustaka Yustisia. 2008. Pedoman Lengkap KTSP. Jakarta. Pustaka Yustisia
  29. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta. Bumi Aksara
  30. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  31. Wahyudi dan Damayanti. 2005. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Implementasinya dalam KTSP. Jakarta. Bumi Aksara
  32. .............. 2010. Panduan PAUD. Jakarta. Gaung Persada Press
  33. Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2012. Panduan PAUD. Jambi. Referensi
  34. Yazid, Estien. 2005. Kimia Fisika Untuk Paramedis. Yogyakarta. Andi Offset
  35. Yulianti, Dwi. 2010. Bermain sambil Belajar Sains di TK. Semarang. Indeks
  36. Yulianti, Ella. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofis Teori dan Aplikasi. Jakarta. Pakar Raya