Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil

Dwi Nomi Pura(1), Asnawati Asnawati(2),
(1) universitas dehasen, Indonesia
(2) Universitas Dehasen, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas kolase dengan media serutan pensil pada perkembangan motorik halus anak-anak, Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan wawancara dengan total sampel 13 anak. Hasil dari penelitian ini 11 anak memiliki berkembang sangat baik dan 2 orang belum berkembang. Anak yang belum berkembang dipengaruhi oleh penghinaan anak, karena anak ini selalu ingin membantu orang lain. Setiap individu memiliki potensi untuk mengalami masalah anak usia dini. Salah satu masalah individu pada anak usia dini adalah perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus berkaitan dengan pengembangan kemampuan dalam menggunakan jari untuk menggunakan berbagai kegiatan seperti montion, menempel, mencubit, memotong, melukis, dan lain-lain. Masalah perkembangan motorik halus ditemukan pada anak usia 5-6 tahun yang memiliki masalah dalam melakukan kolase. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah layanan, bimbingan dan konseling. Layanan, bimbingan dan konseling yang dapat diterapkan adalah layanan konsultasi dengan metode permainan.

 

                        


Keywords


Anak Usia Dini; Motorik Halus; Kolase

Full Text:

PDF

References


Arikunto, (2002). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azhar, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Danim, S. (2002). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Remaja Rosda Karya

Dayton & Kem, (1998). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Depdiknas, (2005). Pedoman pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah.

Depdikbud, (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dinar, P. W. 2007. Psikologi Anak Usia Dini. Surakarta : PT. Indeks

Gerlach dkk, (1971). Instructional Media Technology for Learning. Jakarta: PT. Grafindo Jakarta.

Gozansky, Y. (2017). From pupils to consumers: the transformation of the concept of childhood in Israeli children’s television. Journal of Children and Media, 11(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/17482798.2016.1203809

Green, M., Mcneese, M. N., & Mississippi, S. (2007). Using edutainment software to enhance online learning. International Journal on E-Learning, 6, 5–16. Retrieved from http://www.editlib.org/p/6317/

Haenilah, E. Y. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Berlin: Springer Science & Business Media.

Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82

Lagerlöf, P., Wallerstedt, C., & Pramling, N. (2013). Engaging children’s participation in and around a new music technology through playful framing. International Journal of Early Years Education, 21(4), 325–335. https://doi.org/10.1080/09669760.2013.867170

Gusril & Toho, (2004). Perkembangan Motorik Anak-anak. Jakarta: PT. Indeks.

Margono, (2009). Metode penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marsh, J. A. (2006). Emergent media literacy: Digital animation in early childhood. Language and Education, 20(6), 493–506. https://doi.org/10.2167/le660.0

Moleong, L. J. (2008). Metodelogi Penelitian Klualitatif. Bandung Remaja Rosda Karya

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA HULAHOOP PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AL-SYAFAQOH KABUPATEN REJANG LEBONG. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Pangastuty, A. G., Cahyana, U., & Purwanto, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA LECTUREMAKER DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA MELALUI PENERAPAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia. https://doi.org/10.21009/jrpk.031.04

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KOTA BENGKULU. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54

Rantina, S., (2008). Master Kolase. Klaten: PT. Cemerlang Indonesia

Rudyanto & Saputra, Y. M., (2005). Pembelajaran kooperatif meningkatkan keterampilan anak Taman Kanak-Kanak. Jakrta : Depdiknas

Suyadi, (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta : PT. Pusaka Insani

Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2

Wenno, I. H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.

Xie, X., Gai, X., & Zhou, Y. (2019). A meta-analysis of media literacy interventions for deviant behaviors. Computers & Education, 139, 146–156. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.05.008




DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah POTENSIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Potensia
Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu
Email : potensia.fkip@unib.ac.id 

P-ISSN 2527-9270
E-ISSN 2621-2382


Abstracted / Indexed by :

Google ScholarIndonesia One SearchGarudaROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.