Main Article Content

Abstract

Belum muncul dan belum berkembangnya minat baca anak dan cenderung lebih tertarik terhadap mainan didalam kelas, serta belum ada pembiasaan pengembangan minat baca oleh guru yang bersangkutan menjadi salah satu pe rmasalahan. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengembangkan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud, 2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan guru dalam mengembangkan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru dan hasil yang dicapai dalam mengembangkan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah kualitatif dengan metoda deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data mengenai : 1) langkah – langkah perencanaan guru dalam mengembangkan minat baca anak melalui metode read aloud, yaitu: pemilihan tujuan pembelajaran, tema dan subtema yang sesuai dengan rencana program semester, penentuan kegiatan belajar yang sesuai dengan aspek perkembangan anak seperti: nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni, 2) Proses pelaksanaan guru dalam mengembangkan kemampuan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud di kelompok B Kober Misykatul Anwar, yaitu: pelaksanaan pembelajaran yang dengan RPPH, penataan lingkungan main yang sudah sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran minat baca menggunakan metode read aloud, 3) evaluasi dan penilaian pengembangan minat baca anak adalah sebagai berikut: guru sudah melakukan penilaian berdasarkan minat belajar, minat membaca, konsentrasi dan kemampuan menyimak, guru mendokumentasikan proses penilaian dengan cara mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan dan mendisplay kejadian-kejadian selama proses kegiatan berlangsung, teknik penilaian menggunakan observasi dan running record. 

Article Details

How to Cite
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120

References

  1. Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. Refika Aditama
  2. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Dheini, N.. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Departemen Pendidikan dan kebudayaan (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  5. Departemen Pendidikan Nasional (2007). Menebar Teladan Melalui Karya Nyata. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  6. Depdikbud (2001). Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Olahraga. Jakarta: Balai Pustaka
  7. Depdiknas (2001). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan pada Taman Penitipan Anak. Jakarta: Depdiknas
  8. Fadilah, M. & Lilif, M. (2013) Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-russ Media.
  9. Ginting, V. (2005). Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar membaca bahasa Indonesia Serta Minat Baca Murid. Jurnal Pendidikan Penabur. No 04/th.IV
  10. Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak (Jilid 2 Edisi ke Enam). Jakarta: Erlangga
  11. Ibrahim, R dan Nana Syaodih, S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  12. Idris, M. H & Ramdani, I. (2015). Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media
  13. Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju
  14. Margono (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  15. Mursid. (2016). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya.
  16. Moleong. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
  17. Moulton, W. G. (1970). A Linguistic Guide to Language Learning. New York: Modern Language Association of America
  18. Nasution, S. (2009). Metode Research. Bandung: Bumi Aksara
  19. Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
  20. Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
  21. Semiawan, C. R (2005). Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta: Indeks.
  22. Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
  23. Solehudin, M. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung.
  24. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
  25. Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
  26. Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
  27. Tafsir, A. (2005). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya
  28. Tarigan, H.G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  29. Trelease, J. (2017). The Read-Aloud Handbook. New York: Penguin (USA) LLC