Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud

Agus Sumitra(1), Nita Sumini(2),
(1) IKIP Siliwangi, Indonesia
(2) IKIP Siliwangi, Indonesia

Abstract


Belum muncul dan belum berkembangnya minat baca anak dan cenderung lebih tertarik terhadap mainan didalam kelas, serta belum ada pembiasaan pengembangan minat baca oleh guru yang bersangkutan menjadi salah satu pe rmasalahan. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengembangkan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud, 2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan guru dalam mengembangkan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru dan hasil yang dicapai dalam mengembangkan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah kualitatif dengan metoda deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data mengenai : 1) langkah – langkah perencanaan guru dalam mengembangkan minat baca anak melalui metode read aloud, yaitu: pemilihan tujuan pembelajaran, tema dan subtema yang sesuai dengan rencana program semester, penentuan kegiatan belajar yang sesuai dengan aspek perkembangan anak seperti: nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni, 2) Proses pelaksanaan guru dalam mengembangkan kemampuan minat baca anak usia dini melalui metode read aloud di kelompok B Kober Misykatul Anwar, yaitu: pelaksanaan pembelajaran yang dengan RPPH, penataan lingkungan main yang sudah sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran minat baca menggunakan metode read aloud, 3) evaluasi dan penilaian pengembangan minat baca anak adalah sebagai berikut: guru sudah melakukan penilaian berdasarkan minat belajar, minat membaca, konsentrasi dan kemampuan menyimak, guru mendokumentasikan proses penilaian dengan cara mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan dan mendisplay kejadian-kejadian selama proses kegiatan berlangsung, teknik penilaian menggunakan observasi dan running record. 

Keywords


Peran Guru; Minat Baca; Metode Read Aloud

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. Refika Aditama

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dheini, N.. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Departemen Pendidikan dan kebudayaan (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Departemen Pendidikan Nasional (2007). Menebar Teladan Melalui Karya Nyata. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdikbud (2001). Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Olahraga. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas (2001). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan pada Taman Penitipan Anak. Jakarta: Depdiknas

Fadilah, M. & Lilif, M. (2013) Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-russ Media.

Ginting, V. (2005). Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar membaca bahasa Indonesia Serta Minat Baca Murid. Jurnal Pendidikan Penabur. No 04/th.IV

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak (Jilid 2 Edisi ke Enam). Jakarta: Erlangga

Ibrahim, R dan Nana Syaodih, S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Idris, M. H & Ramdani, I. (2015). Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media

Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju

Margono (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Mursid. (2016). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Moleong. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Moulton, W. G. (1970). A Linguistic Guide to Language Learning. New York: Modern Language Association of America

Nasution, S. (2009). Metode Research. Bandung: Bumi Aksara

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Semiawan, C. R (2005). Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta: Indeks.

Saryono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Solehudin, M. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sudjana, N. (1990). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tafsir, A. (2005). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya

Tarigan, H.G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trelease, J. (2017). The Read-Aloud Handbook. New York: Penguin (USA) LLC




DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah POTENSIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Potensia
Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu
Email : potensia.fkip@unib.ac.id 

P-ISSN 2527-9270
E-ISSN 2621-2382


Abstracted / Indexed by :

Google ScholarIndonesia One SearchGarudaROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.